• KANAL BERITA

Menara Masjid Agung Klaten Akan Dilengkapi Lift

MENARA MASJID : Menara Masjid Agung Al-Aqsha masih belum selesai sempurna meskipun dibangun sudah lima tahun lalu. (Foto: suaramerdeka.com/Achmad Hussain)
MENARA MASJID : Menara Masjid Agung Al-Aqsha masih belum selesai sempurna meskipun dibangun sudah lima tahun lalu. (Foto: suaramerdeka.com/Achmad Hussain)

KLATEN, suaramerdeka.com – Lanjutan pembangunan untuk menyempurnakan Masjid Agung Al-Aqsha tahun ini dianggarkan APBD 2018 Rp 7 miliar. Anggaran itu dialokasikan untuk pembangunan menara yang akan dilengkapi lift dan penataan lanjutan guna menyempurnakan tempat ibadah itu.

Dalam dokumen Perda APBD 2018, alokasi dua anggaran itu tercantum di Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman. Anggaran menara Rp 5 miliar tercantum di kode rekening kegiatan 1.03. 1.04.01.31.37.5.2.3, sedangkan anggaran penataan lanjutan ada di rekening kegiatan  1.03. 1.04.01.31.38.  

Dua mata anggaran itu merupakan bagian dari anggaran sebesar Rp 69, 7 miliar dalam program pembangunan dan pemeliharaan bangunan gedung.

Kabag Pembangunan Pemkab Klaten, Pramana Agus Wijanarka menjelaskan pembangunan Masjid Agung akan dilanjutkan tahun ini, termasuk untuk pembangunan lanjutan menara.

"Kelanjutan menara masih menunggu review DED yang sudah dilakukan," ungkapnya, Sabtu (5/5).

Menurutnya, review dokumen detail enginnering design (DED) itu dilaksanakan untuk melihat semua aspek pembangunan menara. Review sementara sudah dipaparkan tim di hadapan Bupati, Sri Mulyani beberapa waktu lalu.

Setelah review itu selesai,  proses selanjutnya akan masuk tahapan lelang di Badan Layanan Pengadaan (BLP).

Plt Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Pemkab Klaten, Juwito mengatakan anggaran masjid, termasuk menara masuk kegiatan tahun ini bersama beberapa kegiatan pembangunan lain.


(Achmad Hussain/CN41/SM Network)