• KANAL BERITA

Jembatan Kalikajar-Wirasana Akan Dibangun Tahun Depan

Foto: Pemprov Jateng
Foto: Pemprov Jateng

PURBALINGGA, suaramerdeka.com - Plt Gubernur Jawa Tengah Drs H Heru Sudjatmoko MSi bersama Kepala Bappeda Jateng Sujarwanto Dwiatmoko dan Plt Kepala Dinas PU Bina Marga dan Cipta Karya Hanung Triyono, meninjau titik lokasi yang rencananya akan didirikan jembatan penghubung Desa Kalikajar-Desa Wirasana, Sabtu (5/5).

Kepala Bagian Layanan Pengadaan Setda Kabupaten Purbalingga Yani Sutrisno Udinugroho mengatakan, keberadaan jembatan Kalikajar – Wirasana mempunyai banyak nilai strategis. Terutama, mempermudah akses masyarakat di wilayah Kecamatan Kaligondang, Pengadekan, dan Kejobong untuk menuju RSUD Purbalingga.

Nantinya, panjang jembatan yang dibangun diperkirakan 120 meter dengan lebar sembilan meter. Untuk merealisasikannya, Pemerintah Kabupaten Purbalingga meminta bantuan kepada pemerintah provinsi melalui bantuan keuangan 2019 sebesar Rp 30 miliar.

Menanggapi hal tersebut, Plt Gubernur Heru Sudjatmoko pada prinsipnya menyetujui pembangunan jembatan Kalikajar – Wirasana karena memang sangat dibutuhkan. Namun pihaknya mengingatkan agar penentuan posisi jembatan diperhitungkan sehingga tidak menimbulkan masalah.

“Nanti posisi jembatan bisa disurvei ulang. Kalau memang sudah tepat disini, ya disini. Kalau tidak ya disurvei lagi,” pintanya

Jembatan Kalikajar – Wirasana, lanjut dia, diharapkan bisa dikerjakan 2019, berbarengan dengan Jembatan Serayu yang menghubungkan wilayah Banjarnegara dan Purbalingga. Untuk itu, Pemkab diminta segera merampungkan DED-nya.


(Pemprov Jateng/CN41/SM Network)