• KANAL BERITA

Puluhan Anak Usia SD, Ikuti Khitan Gratis

KH Muharror Ali berusaha menghibur dan berdoa kepada salah satu peserta khitanan massal, yang digelar di Ponpes Khozinatul Ulum. (suaramerdeka.com/Irawan Aryanto)
KH Muharror Ali berusaha menghibur dan berdoa kepada salah satu peserta khitanan massal, yang digelar di Ponpes Khozinatul Ulum. (suaramerdeka.com/Irawan Aryanto)

BLORA, suaramerdeka.com - Sebanyak 98 anak-anak usia sekolah dasar mengikuti khitan massal, yang bertempat di Pondok Pesantren Khozinatul Ulum, Blora, Sabtu (5/5). Mereka berasal dari anak-anak pondok dan warga sekitarnya. Kegiatan bakti sosial ini, merupakan kerja sama antara Djarum Foundation bersama Detasemen Kesehatan Wilayah (Denkesyah) 040403/Salatiga dibantu tim dari Puskesmas Blora.

Komandan Denkesyah 040403/Salatiga, Letkol CKM Bambang Agus Priaman mengatakan, kegiatan sunatan massal ini sangat membantu masyarakat di bidang kesehatan. Menurutnya, sunat atau khitan sangat dianjurkan, wajib bagi muslim serta untuk kebersihan. ''Khitan ini baik untuk kesehatan. Selain dari sisi agama Islam memang dianjurkan, khitan juga untuk menjaga kebersihan dan kesehatan,'' tutur Bambang. 

Bambang pun sempat menghibur salah satu peserta khitan massal, Nurul Ahmad Mustofa, siswa kelas 4 SD Sumbersari, Blora yang meringis kesakitan, ketika disunat oleh tim medis. ''Nggak apa-apa sakitnya cuman sebentar, dan tidak sampai 15 menit selesai, karena  khitan menggunakan teknik laser. Nggak usah takut ya,'' hibur Bambang, sambil mengusap kepala Nurul.

Sementara itu, pengasuh Ponpes Khozinatul Ulum, KH Muharror Ali menambahkan, pihaknya merasa bersyukur bisa menggelar kegiatan ini. Khitanan massal ini diikuti oleh anak-anak pondok pesantren dan juga  dari wilayah-wilayah lain disekitar pondok.

''Dengan melakukan khitan, secara tidak langsung kita juga menjaga kesehatan diri, kebersihan juga terjaga. Dan wajib bagi kaum laki-laki muslim. Selain itu, sangat membantu bagi kaum dhuafa,'' ungkap Muharror, yang juga mengelola bidang pendidikan dari tingkat PAUD sampai universitas ini.

Sedangkan, Perwakilan Djarum Foundation, Arvi Oktaviendra mengatakan, bahwa kegiatan ini merupakan satu rangkaian dari program bakti sosial yang telah rutin digelar. Selain kegiatan khitanan massal, kegiatan bakti sosial lainnya adalah, pelayanan medis gratis.

''Untuk lebih mudah mendapatkan pelayanan dan peningkatan kesehatan, kami mendukung pondok pesantren dalam menggelar kegiatan khitanan massal. Sehingga mereka yang kurang mampu bisa terbantu dengan kegiatan tersebut,'' kata Arvi.


(Irawan Aryanto/CN40/SM Network)