• KANAL BERITA

LPJU Tenaga Surya Dianggap Mampu Kurang Beban Listrik

foto ilustrasi - istimewa
foto ilustrasi - istimewa

PEMALANG, suaramerdeka.com – Tahun ini, untuk efesiensi, Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (Disperkim) Kabupaten Pemalang akan memasang kembali lampu penerangan jalan umum (LPJU) menggunakan tenaga surya. Menurut Kepala Disperkim, Mugiyatno, Pemalang mendapatkan bantuan dari Pemerintah Provinsi Jateng sebesar Rp 21 miliar. "Teknisnya dana sebesar itu dialokasikan ke tiga wilayah atau rayon di Kabupaten Pemalang antara lain rayon Comal, kota dan Randudongkal atau selatan," kata Mugiyatno, kemarin.

Masing-masing rayon mendapat alokasi Rp 7 miliar. Ada pun jumlah lampu menunggu hasil studi untuk proyek tersebut. Tahun ini, LPJU akan menggunakan dana tersebut untuk lampu bertenaga surya. Lampu baru akan dipasang di titik-titik baru dan juga LPJU lama konvensional yang butuh diganti.

Ada pun titik-titik lampu konvensional mana saja yang akan diganti juga menunggu kajian. Pihaknya tengah melakukan identifikasi LPJU konvensional untuk mengelompokkannya berdasarkan usia pakai sehingga bisa diketahui apakah perlu diganti atau masih layak.

Sementara itu LPJU di Kabupaten Pemalang saat ini jumlahnya lebih kurang 10.000 buah. Untuk LPJU konvensional yang masih menggunakan listrik dari PLN, menyerap dana paling tidak Rp 1 miliar setiap bulannya.

Untuk menekan anggaran listrik tiap bulan, LPJU bertenaga surya dipilih untuk mengurangi beban listrik yang ditanggung pemerintah kabupaten. Meski harga LPJU tenaga surya mahal namun dinilai lebih efisien ke depannya.


(Ali Basarah/CN40/SM Network)