• KANAL BERITA

Menpora Dorong Atlet Perkuat Mental Bertanding

PUKUL GONG: Menteri Pemuda dan Olahraga RI, Imam Nahrawi (kiri) memukul gong dalam prosesi pembukaan Liga Gulat Mahasiswa Jateng Terbuka 2018.(suaramerdeka.com/M Alfi Makhsun)
PUKUL GONG: Menteri Pemuda dan Olahraga RI, Imam Nahrawi (kiri) memukul gong dalam prosesi pembukaan Liga Gulat Mahasiswa Jateng Terbuka 2018.(suaramerdeka.com/M Alfi Makhsun)

SEMARANG, suaramerdeka.com - Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia, Imam Nahrawi, berharap peserta Liga Gulat Mahasiswa Jawa Tengah Terbuka 2018
memanfaatkan ajang yang digelar 5-6 Mei di GOR Akademi Polisi ini, untuk memperkuat mental bertanding. Hal itu dikatakan Menpora usai membuka ajang yang kali pertama diselenggarakan di Indonesia itu di Hotel Neo Kota Semarang, Sabtu (5/5) petang.

Imam Nahrawi melihat potensi gulat menjadi olahraga yang digemari dan sebagai industri sangat terbuka. Sebab kini semakin banyak diselenggarakan kejuaraan gulat di tanah air satu. Di antaranya di Asian Games 2018 yang akan diselenggarakan di Jakarta-Palembang, Agustus nanti.

''Prestasi atlet diraih dengan cara berlatih dan bertanding. Akhir pekan ini mereka atlet mahasiswa akan bertanding untuk melihat hasil latihan selam ini di kampus dan klub. Liga Gulat Mahasiswa ini penting untuk memperkuat mental dan menganasah teknis atlet. Liga harus dipandang sebagai tempat menempa dua hal tersebut. Menang atau kalah saya kira urusan kemudian. Sebab musuh terberat di lapangan adalah mental atlet itu sendiri,'' kata Imam Nahrawi.

Dia percaya akan banyak bibit potensial dari ajang yang diselenggarakan Pengurus Provinsi (Pengprov) Persatuan Gulat Seluruh Indonesia (PGSI) Jateng itu. Hal ini sebagai cerminan PGSI Jateng yang menjadi satu diantara beberapa pengprov yang dia nilai paling aktif berkegiatan di Indonesia.

''Kami sangat optimistis gulat bisa berjaya di Asian Games. Pengurus, atlet, pelatih gulat optimistis mempersembahkan target satu medali dan berusaha memberi lebih, yakni tiga medali. Mereka saat ini mengasah diri hingga try out di Bulgaria dan mereka telah mengorbankan banyak hal untuk meraih prestasi. Saya rasa gulat Indonesia ke depan akan lebih maju,'' tandasnya.
 


(M Alfi Makhsun/CN40/SM Network)