• KANAL BERITA

Belasan Atlet Ikuti Liga Gulat Mahasiswa Jawa Tengah Terbuka 2018

foto: istimewa
foto: istimewa

SEMARANG, suaramerdeka.com - Bertempat di Hotel Neo Kota Semarang, untuk kali pertama dibuka Liga Gulat Mahasiswa Jawa Tengah Terbuka 2018. Pembukaan dilakukan Menteri Pemuda dan Olahraga, Imam Nahrawi. 

Kompetisi ini diikuti 18 atlet 12 perguruan tinggi. Yakni Universitas Negeri Semarang, Universitas Semarang, Universitas Sebelas Maret, Akademi Teknik Warga Solo, Universitas Muhammadiyah Magelang, Universitas Negeri Bengkulu, Universitas Negeri Padang, Universitas Muhammadiyah Padang, dan Universitas Mahendradata Bali. Ada pun kelas yang dipertandingkan ada enam. Yakni gaya bebas putra 57 kilogram, gaya bebas putra 74 kilogram, gaya greco romawi 60 kilogram, gaya greco romawi 77 kilogram, gaya bebas putri 50 kilogram, dan gaya bebas putri 57 kilogram.

Dalam kesempatan pembukaan Liga Gulat Mahasiswa itu, Imam Nahrawi juga membuat vidio blog alias vlog bersama para atlet. Hal ini salah satu cara Kemenpora supaya setiap cabang olahraga bisa secara detail diketahui masyarakat. Yakni dengan membagikan rekaman video ke akun media sosial organisasi mau pun sang atlet sendiri.

Apresiasi diberikan Ketua Umum Pengprov PGSI Jateng, Andreas Budi Wirohardjo kepada Menpora yang sudah bersedia membuka acara yang nantinya akan digelar dalam tiga seri kompetisi itu. Sebab setelah penyelenggaraan di Kota Semarang ini akan berlanjut di Magelang pada 1-2 September 2018 dan di Solo Baru pada 10-11 November 2018.

Menurut Andreas, kegiatan ini digelar dalam dua hari, karena pihaknya ingin mengenalkan sport turism bagi para atlet. Yakni tidak hanya bertanding tapi juga menikmati suasana kota.

''Kami membuat tiga seri karena pemenangnya adalah atlet yang memiliki poin terbanyak dari ketiga seri di tahun ini. Seri pertama atlet hanya mengumpulakan poin dan tidak ada juara. Seri ini tidak jadi patokan. Sebab Seri Kedua para atlet bertemu lagi dan belum tentu mereka yang kalah di seri pertama akan kalah lagi. Sebab kami pacu atlet untuk berlatih di jeda seri,'' papar Andreas.


(M Alfi Makhsun/CN40/SM Network)