• KANAL BERITA

Sedimentasi Terjadi Karena Kondisi Tanah Bagian Hulu, Kritis

foto: istimewa
foto: istimewa

KARANGANYAR, suaramerdeka.com - Tiga bendung di Karanganyar, mengalami sedimentasi yang cukup mengkhawatirkan. Ketiga bendung itu adalah Bendung Jetu, Bendung Tawang, dan Bendung Kalongan. Ketiga bendung tersebut berada di penggal Sungai Samin. Hal disampaikan Kepala Sub Divisi DJA III/2 Perum Jasa Tirta I Wilayah Sungai Bengawan Solo, Achmad Syuhairus Syam

‘’Sedimentasi yang muncul tahun ini, lebih mengkhawatirkan dibanding tahun lalu. Sebab, curah hujan saat musim penghujan kemarin tinggi. Ini harus segera dibersihkan, agar tidak semakin menumpuk,’’ jelasnya.

Selain itu, menurutnya, penumpukan sedimentasi bisa menyebabkan kerusakan bangunan bendung akibat tanah endapan mendesak bangunan. Menurut Achmad, Bendung Jetu pernah ambrol pada tahun lalu, karena pendangkalan.

‘’Menguras endapan dengan cara melarutkannya hingga sedimentasi larut ke Bengawan Solo, menjadi salah satu cara untuk menghindari kerusakan,’’ tuturnya.

Dia menambahkan, sedimentasi muncul karena kondisi tanah di bagian hulu kritis. Hujan yang turun membawa beragam material seperti sampah organik, patahan dahan dan pohon serta tanaman, hingga mengendap di dasar sungai.

‘’Untuk menghindari munculnya sedimentasi, dengan memulihkan kondisi tanah yang kritis di hulu. Penghijauan sudah mulai dilakukan di wilayah hulu, seperti Ngargoyoso, Jumantono dan Matesih,'' imbuhnya. 


(Irfan Salafudin/CN40/SM Network)