• KANAL BERITA

Temuan Kasus HIV/AIDS Harus Ada Peningkatan

Guna Cegah Penularan

foto ilustrasi - istimewa
foto ilustrasi - istimewa

TEGAL, suaramerdeka.com - Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI mengestimasikan penderita HIV/AIDS di Kota Tegal mencapai 845 orang. Namun dalam catatan Dinas Kesehatan Kota Tegal, angka komulatif penderita HIV/AIDS hingga akhir 2017 baru 212 orang atau masih ada 633 lainnya belum terdeteksi.

‘’Artinya masih banyak kasus yang belum ditemukan. Kalau belum ditemukan, diobati dan dicegah, maka akan menularkan ke sana-sini,’’ kata Kabid Pengendalian dan Pemberantasan Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Kota Tegal, Yuli Prasetya.

Yuli mengatakan itu dalam sosialisasi bertajuk Peran Masyarakat Temukan HIV/AIDS (Tanpa Stigma) dalam rangka meningkatkan penemuan kasus HIV/AIDS dan Penyakit (Permata Hati) di Kota Tegal, baru-baru ini.

Menurut Yuli, penemuan kasus, harus menunjukkan peningkatan. Sehingga penularan HIV AIDS bisa dicegah. Untuk itu dibutuhkan peran stakeholder dan masyarakat untuk bersama-sama menemukan kasus HIV/AIDS.

‘’Tidak hanya pada temuan saja, sebab kasus HIV/AIDS memiliki prinsip temukan, obati, pertahankan. Penderita HIV daya tahan tubuhnya menurun, sehingga penyakit lain seperti tuberculosis, diabetes dapat menyerang,’’ kata dia.
 


(Tresno Setiadi/CN40/SM Network)