• KANAL BERITA

Siswa TK Islam Baitunnur Unjuk Kemampuan Hafalan dan Baca Quran

Foto: Pelaksanaan akhirrussanah di KB/TK Islam Baitunnur Blora, Sabtu (5/5). (Abdul Muiz/suaramerdeka.com)
Foto: Pelaksanaan akhirrussanah di KB/TK Islam Baitunnur Blora, Sabtu (5/5). (Abdul Muiz/suaramerdeka.com)

BLORA, suaramerdeka.com - Dengan penuh percaya diri, sebanyak 82 siswa TK B Baitunnur mengikuti Hubbul Quran dengan menggunakan metode Ummi, Sabtu (5/5). Kegiatan itu sebagai rangkaian acara akhirussanah yang digelar di Gedung Sasana Bakti, Blora.

Secara bergantian siswa/siswi tampil untuk hafalan surat-surat pendek, membaca Alquran dan doa harian. Kelancaran mereka dalam melapalkan ayat-ayat Alquran itupun mendapatkan apresiasi dari para wali murid, tamu undangan dan tim penguji Ummi Foundation Surabaya, Ustad Roghibi. 

Yelly Novitarini, S.Pd, kepala sekolah KB/TK Islam Baitunnur mengemukakan, acara Hubbul Quran dimaksudkan untuk mengetahui tingkat keberhasilan pembelajaran Alquran dan rasa syukur. Caranya, antara lain dengan mengadakan uji publik dalam rangka menguji kebenaran cara membaca Alquran sekaligus menguji keberanian siswa.

"Itu juga merupakan bentuk laporan langsung kepada orang tua/wali siswa dan masyarakat," katanya.

Hadir mewakili Bupati Blora Djoko Nugroho pada acara itu Kepala Bagian Kesra Setda, Supriyono. Dia menyampaikan selamat dan kebanggaan serta syukur atas kemampuan para siswa yang telah lulus. Apresiasi juga disampaikan kepada KB/TK Baitunnur yang telah merintis untuk pertama kali Hubbul Quran dengan metode Ummi untuk siswa TK. Menurutnya, program tersebut sebagai implementasi pendidikan cinta kepada Allah dan Rasul-Nya. Supriyono juga berharap ke depan program itu tak hanya mengajarkan siswa membaca Alquran.

"Tetapi juga memotivasi mereka menghafal ayat demi ayat, memahami, lalu mengamalkan kandungannya secara bertahap," ujarnya. 

Mewakili Bupati, Supriyono berpesan kepada para orang tua untuk menanamkan dan meneladankan akhlaq mulia, keimanan dan ketaqwaan sejak dini kepada anak-anaknya.
Pada kesempatan itu pula diserahkan bintang penghargaan kepada para siswa yang telah lulus belajar di TK Islam Baitunnur dengan beberapa kategori. Diantaranya aku suka fashion show, aku rajin sholat, aku suka menolong, aku suka bercerita, aku suka bermain balok, aku suka berkreasi, aku suka angka, aku rajin sekolah, aku suka berbagi, dan aku suka menggambar dan mewarnai.

Di acara akhirussanah kelulusan siswa itu ditampilkan pula acara hiburan bakat dan minat siswa/siswi TK A dalam bermain rebana dan gerak tari. Sedangkan siswa KB menampilkan opera “Petualangan Menuju Kesholihanku”.


(Abdul Muiz/CN42/SM Network)