• KANAL BERITA

Peserta Membludak, Animo Baca Puisi Semarang dan Kudus Bersaing

Bambang Sadono (tengah) saat peluncuran buku Sumpah Setyaki beberapa waktu lalu. (Suaramerdeka.com/ Bambang Isti) 
Bambang Sadono (tengah) saat peluncuran buku Sumpah Setyaki beberapa waktu lalu. (Suaramerdeka.com/ Bambang Isti) 

KUDUS, suaramerdeka.com - Lebih dari 100 peserta akan mengikuti Lomba Baca Sajak Piala Bambang Sadono 2018 (LBS PBS) putaran ke enam yang akan diselengarakan di UMK Kudus, Minggu (6/5). Ini adalah penyelengaraan putaran ke enam, setelah sejak Februari 2018 lalu dimulai untuk seleksi Semarang, Grobogan, Brebes, Pati, dan Magelang.

Persisnya LBS PBS akan digelar di 35 kabupaten/kota se Jateng dalam babak seleksi. Mereka akan bersaing meraih tiket ke final tingkat Jateng pada Januari 2019 nanti yang akan digelar di Semarang. Animo peserta di Kudus, bisa diartikan Kabupaten Kudus sama-sama unggul dalam kegiatan sasta khususnya baca puisi.

"Teman-teman panitia di Kudus bergerak luar biasa. Saya sangat optimis geliat sastra khususnya baca puisi di Jateng semakin hidup. Dari Kudus kita belajar bahwa anak muda nyatanya masih peduli mengolah rasa. Semoga nasionalisme generasi muda tumbuh seperti Setyaki," kata Dr Lintang Ratri R Msi, ketua penyelenggara, Sabtu (5/5).

Setyaki adalah tokoh pewayangan di salah satu puisi dalam buku kumpulan puisi Bambang Sadono 'Sumpah Setyaki'. Pada LBS PBS 2018 peserta diwajibkan membacakan salah satu puisi dari buku tersebut. Sejumlah penyair Jateng dilibatkan dalam safari baca puisi terbesar di Indonesia itu sebagai juri. Diantaranya Agoes Dhewa, Handry TM, Budi Maryono, Mukti Sutarman SP, Najib Kertapati Z dan beberapa yang lain. 


(Bambang Isti/CN33/SM Network)