• KANAL BERITA

Bamsoet Minta Stok Pangan dan BBM Diperkuat

Tiga Hajat Besar Sampai Agustus

Foto: Istimewa
Foto: Istimewa

JAKARTA, suaramerdeka.com - Indonesia akan menghadapi tiga momen penting secara berturut-turut hingga Agustus mendatang. Yakni bulan suci Ramadan dan hari raya Idul Fitri, Pilkada Serentak, serta Asian Games. Ketua DPR RI Bambang Soesatyo berharap Pemerintah menyiapkan stok bahan pangan dan bahan bakar minyak (BBM) yang cukup.

Menurut Bamsoet, sapaan karibnya, kebutuhan pasti akan meningkat di bulan-bulang mendatang. "Maka Kementerian Perdagangan dan Bulog sebaiknya meningkatkan stok persediaan bahan pangan," katanya, Jumat (4/5).

Bulog baru saja memiliki komandan baru, yaitu Budi Waseso yang sebelumnya menjabat Kepala BNN. Di sisi lain, BBM juga akan meningkat untuk berbagai kebutuhan seperti transportasi saat mudik dan lain-lain.

Maka dia berharap Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) yang dipimpin Ignasius Jonan, untuk mempersiapkan stok BBM. "Pertama tujuannya adalah agar masyarakat mendapat kemudahan dalam mendapatkan BBM. Kedua, mengawasi dugaan adanya penimbunan BBM," kata Politikus Golkar itu.

Di sisi keamanan, Bamsoet berharap Komisi III DPR dan Komisi V DPR mendorong Polri serta Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mempersiapkan diri. Harus ada perbaikan infrastruktur jalan dan transportasi, guna memperlancar arus mudik. Terkait pelaksanaan pilkada serentak, Bamsoet meminta lembaga penyelenggara pemilu dan Polri meningkatkan pengawasan.

Baginya, potensi pelanggaran akan muncul dalam pelaksanaan ajang pilkada itu. "Pengawasan agar penyelenggaraan Pilkada Serentak 2018 dapat berjalan dengan aman dan sesuai dengan ketentuan yang berlaku," kata Bamsoet.

Bamsoet pun menyinggung soal penyelenggaraan Asian Games. Dia meminta Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) dan Panitia Penyelenggara lebih mempublikasikan kegiatan itu. Baginya gereget ajang itu harus mulai diperkuat di tengah masyarakat. Karenanya, masyarakat diharapkan mendukung kesuksesan pelaksanaan ajang untuk negara di benua Asia itu. "Misalnya melalui berbagai media dan tempat-tempat publik yang strategis dan ramai pengunjung," kata Bamsoet.


(Mahendra Bungalan/CN26/SM Network)