• KANAL BERITA

Purbalingga Tuan Rumah Rakerwil IPHI Jateng

PENGOBATAN GRATIS: IPHI Kabupaten Purbalingga menggelar pengobatan gratis di Balai Desa Bumisari, Kecamatan Bojongsari beberapa waktu lalu dalam rangka peringatan Harlah IPHI ke-28 dan Rakerwil IPHI Jateng.
PENGOBATAN GRATIS: IPHI Kabupaten Purbalingga menggelar pengobatan gratis di Balai Desa Bumisari, Kecamatan Bojongsari beberapa waktu lalu dalam rangka peringatan Harlah IPHI ke-28 dan Rakerwil IPHI Jateng.

PURBALINGGA, suaramerdeka.com  -  Pengurus Wilayah Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) Provinsi Jawa Tengah, Sabtu (6/5) menggelar rapat kerja wilayah (Rakerwil) di kompleks Pendapa Dipokusumo. Sebagai tuan rumah, IPHI Kabupaten Purbalingga sudah siap seratus persen.

Ketua IPHI Kabupaten Purbalingga, Munir, Jumat (4/5) menjelaskan, Kabupaten Purbalingga ditunjuk sebagai tuan rumah karena dinilai memiliki komunikasi yang baik antara pemerintah dengan IPHI. Kepedulian Pemkab terhadap calon jamaah haji dari berangkat hingga pulang disebut sangat baik. "Karena itulah, kami diamanahi menjadi tuan rumah acara pucak hari lahir (Harlah) IPHI ke-28 dan Rakerwil. Rencananya akan dihadiri lebih dari 700 peserta dari seluruh kabupaten/kota di Jateng," katanya.

Dalam Rakerwil tersebut, kemungkinan besar akan dibahas mengenai program setahun terutama bagaimana menghadapi tahun politik. IPHI harus memiliki peran dalam tegaknya demokrasi yaitu jangan menjadi golput. Sebab jika IPHI tidak peduli, maka kita akan dipimpin oleh orang yang tidak peduli juga. 

"IPHI bukan organisasi politik, tapi kami mengarahkan para anggotanya untuk berpartisipasi dalam pesta demokrasi, untuk tidak golput," kata mantan Bupati Pemalang periode 1996-2001 ini.

Adapun rangkaian acara meliputi, pengajian akbar di Masjid Agung Darussalam pada 1 April lalu dengan pentausiah Wakil Ketua LDNU pusat KH Masruhin Abdul Majid, pengajian Majelis Taklim Perempuan (MPP) di Gedung IPHI pada 22 April dengan pentausiah Ustadzah Siti Musyarofah dari Banjanegara.

"Kemudian pada 28 April ada pengobatan gratis di balah Desa Bumisari, Kecamatan Bojongsari. Lokasi itu dipilih karena di situ penduduknya banyak. Alhamdulillah, pasien tidak ada yang ditolak, semua tertangani. Kami siapkan lima dokter umum dan 1 dokter spesialis mata yang dipimpin Direktur RSUD dr Goetheng Tarunadibrata Purbalingga, dr Nonot Mulyono. Pasien umum ada 430 orang dan mata 204 orang," terangnya.

Lalu ada one day city tour untuk para peserta pada Sabtu (5/4) sore ke Sanggaluri Park dan Purbasari Pancuranmas. Pada Minggu (6/5) digelar bazar di kompleks Pendapa Dipokusumo yang memromosikan produk Purbalingga dan daerah peserta lain. Selain itu pada hari yang sama digelar pembukaan Harlah IPHI di Pendapa dan dilanjutkan Rakerwil di Graha Adiguna Oproom. 


(Ryan Rachman/CN39/SM Network)