• KANAL BERITA

KST dan Linmas Akan Dilibatkan Pengamanan Lebaran

KST dari berbagai kecamatan saat mengikuti baris berbaris dari Koramil 08/Baki, Kabupaten Sukoharjo, baru-baru ini. (suaramerdeka.cok/Asep Abdullah)
KST dari berbagai kecamatan saat mengikuti baris berbaris dari Koramil 08/Baki, Kabupaten Sukoharjo, baru-baru ini. (suaramerdeka.cok/Asep Abdullah)

SUKOHARJOsuaramerdeka.com – Ribuan kader siaga trantib (KST) dan perlindungan masyarakat (Linmas) Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Sukoharjo mulai disiapkan untuk ikut membantu kelancaran saat Lebaran.

Kepala Satpol PP Sukoharjo, Heru Indarjo menjelaskan, pihaknya menginventarisasi ulang jumlah KST yang mencapai 1.593 orang dan Linmas sebanyak 6.653 orang di 12 kecamatan.

Adapun inventarisasi ini untuk memastikan kesiapan dan optimalisasi jumlah KTS dan Linmas. Mengingat beberapa bulan ini ada hajatan besar yang harus diamankan. Yakni Pilgub Jateng dan Lebaran.

“Jadi kami bagi tugas. Sebagian fokus pengamanan Pilgub Jateng, sebagian saat arus mudik Lebaran,” jelas dia, Jumat (4/5).

Lebih lanjut Heru menerangkan, untuk pembagian tugas masih dimatangkan. Apalagi dengan jumlah yang begitu besar, keikutsertaan KST dan Linmas dalam membantu kelancaraan serta menjaga keamanan dua hajatan besar itu akan mendukung pihak kepolisian dan TNI.

Menurut dia khusus arus mudik Lebaran KST dan Linmas tidak hanya akan disiagakan di pos pengamanan. Tetapi juga akan disebar di titik rawan macet.

“Di manapun siap diperbantukan. Maka masih dimatangkan,” terangnya.

Dikatakan, adapun personel Satpol PP juga tetap bertugas seperti biasanya. Diantaranya menambah volume patroli selama Ramadan hingga Lebaran.

Para personel itu juga diperbantukan untuk ikut mengawasi wilayah rawan macet dan perbatasan. Seperti di Kecamatan Kartasura, Grogol, Mojolaban hingga Nguter.

“Adapun memperbanyak patroli cukup urgen. Tidak hanya memantau pasar tumpah, pedagang kaki lima (PKL) di jalan. Tetapi membantu menguraikan arus lalu lintas jika macet,” aku dia.


(Asep Abdullah/CN39/SM Network)