• KANAL BERITA

Alumni FK Undip Dukung Daya Saing Kampus

Foto: Ketua Ika Medica Cahyono Hadi saat meyampaikan sambutan pada pelepasan dokter spesialis periode II Tahun 2018 di FK Undip, Jumat (4/5). suaramerdeka.com/dok
Foto: Ketua Ika Medica Cahyono Hadi saat meyampaikan sambutan pada pelepasan dokter spesialis periode II Tahun 2018 di FK Undip, Jumat (4/5). suaramerdeka.com/dok

SEMARANG, suaramerdeka.com - Alumni Fakultas Kedokteran Universitas Dipenogoro (Undip) Semarang (Ika Medica) memiliki peran penting dalam meningkatkan daya saing kampus di kancah dunia pendidikan nasional. 

''Alumni merupakan pilar keempat civitas akademik selain dosen, tenaga pendidikan, dan mahasiswa. Mereka juga masih memiliki peran dalam mengemban amanah dalam tri dharma perguruan tinggi,'' ungkap Wakil Dekan III Fakultas Kedokteran Undip, dr Awal Prasetyo didampingi Ketua IKA Medica, dr Cahyono Hadi usai menghadiri acara pelepasan dokter spesialis periode II Tahun 2018 di FK Undip, Jumat (4/5). 

Ia menambahkan eksistensi alumni memiliki peran penting dalam akreditasi kampus. Oleh sebab itu pada dua tahun lalu  secara resmi dibentuk IKA Medica sebagai wadah lulusan Fakultas Kedokteran Undip.  IKA Medica membawahi kompartemen dari masing-masing lulusan program yang ada di  FK Undip. 

Sementara itu, dr Cahyono mengungkapkan pada 12 Mei 2018 mendatang IKA Medica akan menyelenggarakan bakti sosial bekerja sama dengan FK Undip, Perhimpunan Dokter Spesialis Mata Indonesia (Perdami), serta Perhimpunan Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin Indonesia (Perdoski).  Rangkaian acara bakti sosial tersebut meliputi operasi katarak gratis dan penyuluhan kepada penderita kusta di RSUD Kelet, Jepara.  Kemudian menyambangi daerah Mlonggo untuk penyerahan sumbangan perbaikan gedung asrama coas senilai kurang lebih Rp 230 dari alumni.

Cahyono Hadi menambahkan, saat ini jumlah anggota yang terdaftar di IKA Medica mencapai sekitar 7.000 orang. Mereka tersebar di seluruh penjuru dunia.  FK Undip juga mengirim perwakilan dosen serta mahasiswanya selama lima hari, 12-16 Mei 2018 untuk melakukan pengabdian masyarakat di Pulau Karimunjawa. 


(Arie Widiarto/CN42/SM Network)