• KANAL BERITA

Rupiah Stabil Menjelang Rilis Data Keyakinan Konsumen

Foto: istimewa
Foto: istimewa

JAKARTA, suaramerdeka.com - Nilai tukar Rupiah terhadap dolar AS cenderung stabil sedangkan Indeks Harga Saham Gabungan melemah menjelang rilis laporan Keyakinan Konsumen Indonesia bulan April. 

"Rupiah berpotensi menguat apabila keyakinan konsumen Indonesia semakin membaik," kata .Research Analyst FXTM Lukman Otunuga di Jakarta, Jumat (5/5).

Namun demikian, dia mengingatkan peningkatan kurs Rupiah mungkin terbatas oleh faktor eksternal. Pasalnya, Dolar dapat terangkat oleh prospek kenaikan suku bunga AS dan naiknya ekspektasi inflasi, mata uang pasar berkembang termasuk Rupiah mungkin tetap tertekan.

"Dolar yang menguat secara agresif dapat memaksa Bank Indonesia untuk meningkatkan suku bunga acuan demi menyelamatkan Rupiah," tambahnya.

Terkait prospek forex, ujar Lukman, Rupiah stabil terhadap Dolar dan harga bergerak mendekati 13935.

"Dengan peningkatan antisipasi menjelang rilis NFP AS di hari Jumat, USDIDR dapat mengalami volatilitas lebih tinggi," cetusnya.

Sementara itu, harga minyak menguat di hari Kamis karena investor mengabaikan kenaikan persediaan minyak mentah AS dan berfokus pada pemangkasan pasokan OPEC dan perkembangan situasi nuklir Iran.

"Harga minyak dapat semakin meningkat apabila AS mundur dari kesepakatan nuklir Iran 2015, tapi kenaikan ini sepertinya tetap dibatasi oleh produksi minyak serpih AS yang tinggi. Harga minyak tetap tidak stabil dan apresiasi Dolar dapat mempercepat penurunan," tambahnya.


(Kartika Runiasari/CN42/SM Network)