• KANAL BERITA

Ciptakan Hubungan Harmonis, Tentara Rutin Gelar Komsos dengan Warga

Foto: Sejumlah warga tengah seksama mendengarkan paparan dari beberapa narasumber dalam acara Komunikasi Sosial (Komsos) yang digelar Koramil 13/Ngampilan Kota Jogja di Aula Kecamatan Ngampilan. suaramerdeka.com/Gading Persada
Foto: Sejumlah warga tengah seksama mendengarkan paparan dari beberapa narasumber dalam acara Komunikasi Sosial (Komsos) yang digelar Koramil 13/Ngampilan Kota Jogja di Aula Kecamatan Ngampilan. suaramerdeka.com/Gading Persada

YOGYAKARTA, suaramerdeka.com - Kota Yogyakarta dengan slogan Berhati Nyaman memang betul-betul selalu diciptakan warganya. Termasuk kalangan Tentara Nasional Indonesia (TNI) dengan mengedepankan komunikasi sosial (komsos) dengan warga untuk menciptakan hubungan harmonis.

“Ketika hubungan harmonis sudah tercipta maka keadaan kota yang aman, nyaman dan tentram akan mudah terwujud pula,” papar Komandan Koramil (Danramil) 13/Ngampilan Kapten Arm Riyanto, Jumat (4/5).

Komsos yang dilakukan di Aula Kecamatan Ngampilan tersebut, Danramil menjelaskan bahwa demi menjaga hubungan yang harmonis antara instansi militer, Babinsa dengan masyarakat binaannya, Koramil rutin mengadakan kegiatan komsos.

“Babinsa-babinsa kami mendatangi dan berkomunikasi dengan tokoh-tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh pemuda dan elemen masyarakat lainnya. Salah satunya dengan kegiatan komsos seperti ini,” jelas dia.

Menurutnya, pelaksanaan komsos merupakan tugas rutin yang dilaksanakan Koramil dan jajarannya termasuk Babinsa untuk mengetahui perkembangan wilayah binaan. Pada komsos sendiri mengisyaratkan bahwa komunikasi penting untuk membangun konsep diri, untuk kelangsungan hidup, aktualisasi diri, untuk memperoleh kebahagiaan, terhindar dari tekanan dan ketergantungan, antara lain lewat komunikasi yang menghibur, dan memupuk hubungan dengan orang lain.

“Melalui komunikasi sosial kami bisa berkerja sama dengan anggota masyarakat mulai kelurga, kelompok belajar, perguruan tinggi, RT, RW, desa, kota, dan negara secara keseluruhan untuk mencapai tujuan bersama yaitu membangun Ngampilan ini ke depan yang lebih baik dan sejahtera melalui program pemerintah dan swasembada pangan,” papar Riyanto.

Selain Danramil, pada komsos tersebut juga diberikan sosialisasi sejumah materi. Misalnya netralitas TNI yang disampaikan Kasdim 0734/Yogyakarta Mayor Inf M Munasik. Kemudian materi lainnya seperti bahaya narkoba, kebijakan Kasad serta sosialisasi Pemilu yang diberikan KPU Kecamatan Ngampilan. 


(Gading Persada /CN42/SM Network)