• KANAL BERITA

Dihadiri Jokowi KW, Dukungan Bagi Moeldoko Sebagai Cawapres Dideklarasikan

Foto: suaramerdeka.com/dok
Foto: suaramerdeka.com/dok

BANDUNG, suaramerdeka.com - Kepala Staf Kepresidenan, Jenderal TNI (Purn) Moeldoko didorong menjadi Cawapres bagi Joko Widodo pada Pilpres mendatang. Mantan Panglima TNI itu bisa menjadi alternatif di tengah keinginan partai pendukung mengajukan ketua umumnya sebagai RI-2.

Dukungan bagi duet Jokowi-Moeldoko Hebat alias Jodoh itu dideklarasikan relawannya di Bandung, Jumat (4/5). Deklarasi serupa direncanakan pula dilakukan di seluruh Indonesia.

Hadir pula Jokowi KW alias David Indrajaya (40) sebagai pembuka kegiatan dengan menyanyikan sejumlah lagu di antaranya "Indonesia Pusaka".

"Partai pendukung Jokowi kan belakangan ingin juga ajukan calon. Daripada nanti muncul ketidakpuasan, kenapa tak figur dari luar, dan itu bisa diisi Moeldoko," tandas Ketua Relawan Jodoh, Ivan Pandapotan Purba.

Menurut dia, figur Moeldoko bisa diandalkan. Dia bahkan diklaim bisa lebih mengamankan pemerintahan. Latar belakangnya sebagai KSP dan eks panglima tertinggi TNI tak bisa diremehkan. 

"KSP merupakan orang paling dekat dengan Jokowi dibanding dengan menteri sekalipun. Ingat pula kehadiran Moeldoko sebagai wakil Jokowi di pernikahan Kahiyang Ayu," tandasnya.

Lebih dari itu, tingkat elektabilitas Moeldoko yang perlu dicermati. Meski baru melakukan pemetaan di Kota Bandung, Ivan menila tren Moeldoko tetap harus diperhitungkan.

Berdasarkan survei Parameter, Moeldoko menempati peringkat pertama dibanding figur lainnya seperti Agus Harimurti Yudhoyono, Anis Baswedan, Tuan Guru Bajang, Muhaimin Iskandar, hingga Gatot Nurmantyo.

"Moeldoko mendapat kepercayaan 27,8 persen. Ketika dipasangkan dengan Jokowi juga paling tinggi 18,5 persen dibanding Jokowi-AHY yang dapat 10,8 persen, dan Prabowo-Anies Baswedan 11,5 persen," kata peneliti Parameter, Ariwibowo.dwi


(Setiady Dwi/CN42/SM Network)