• KANAL BERITA

Ratusan Lulusan SMK Muda Langsung Diterima Kerja

Ilustrasi: Peluang Usaha
Ilustrasi: Peluang Usaha

MERTOYUDAN, suaramerdeka.com - Sebanyak 119 lulusan SMK Muhammadiyah 2 Mertoyudan (SMK Muda) sudah diterima kerja sebelum menjalani prosesi wisuda di Hotel Atria Magelang, Sabtu 5 Mei 2018.

Kepala SMK Muda Elfi Rusdiana Ekowati S.Pd mengatakan, 245 siswa SMK Muda lulus 100%. Keberhasilan ini tidak lepas dari dukungan semua pihak, termasuk program nyantri (karantina) selama 21 hari. Program Nyantri ini bertujuan untuk membimbing siswa lebih fokus kepada Sang Khaliq, sehingga lebih konsentrasi belajar.

Dijelaskan, SMK Muda merupakan sekolah kejuruan milik persyarikatan Muhammadiyah di Kabupaten Magelang yang sangat mengedepankan kedisiplinan dan pendidikan karakter. Dengan demikian, harapannya siswa lulusan SMK Muda mampu menjadi pribadi yang mandiri, berakhlak mulia dan siap kerja. 

Wisudawan terbaik Program Agribisnis Tanaman Pangan dan Hortikultura diraih Esti Ajeng Safitri dengan nilai 87,55, kedua Ari Oktaviani dengan nilai 87,09, dan ketiga Fendi Yayuki dengan nilai 84,30. Peraih nilai tertinggi Program Agribisnis Perikanan yakni Mutmainah  dengan nilai 86,46, kedua Ahmad Aji Panuntun dengan nilai 86,02 dan ketiga Vina Dwi Cahyani dengan nilai 85,33.

Program Teknik Kapal Penangkap Ikan nilai tertinggi diraih Angga Dicky Saputro (79,01), kedua Saifudin (77,85) dan ketiga Fajar Miftahudin (77,54). Adapun Wisudawan terbaik Program Teknologi Pengolahan Hasil Pertanian diraih Miyati (85,55), kedua Nur Ais (85,33) dan ketiga  Lusi Ani lestari (83,21).

Juara umum diraih Esti Ajeng Safitri (87,55) dari jurusan ATPH yang merupakan jurusan tertua di SMK Muda. Adapun prestasi yang diraih SMK Muda 2 tahun terakhir ini antara lain Juara 2 LKS Bidang Fishery Tingkat Provinsi (2016), di Tahun 2017 menyabet Juara 2 lomba Bola Voli Putri Tingkat Kabupaten Magelang, Juara 3 Lomba Bola Voli Putra, Juara 1 MTQ pentas PAI, juara 3 debat PAI, dan juara 1 Yel – Yel Kokam Tingkat Jateng.  

SMK Muda juga menerima beasiswa untuk semua program keahlian dari BSM, PIP, Beasiswa prestasi, PKH dan juga para siswa memperoleh beasiswa dari infak guru dan karyawan yang setiap bulannya dipotong 2,5% dari total penghasilan.

Direktur Bursa Kerja Khusus (BKK) Nurul Chasanah S.Pd mengatakan 74 siswa lulusan tahun 2018 masih proses perekrutan bekerja di berbagai macam perusahaan di Indonesia dan luar negeri. Sedangkan yang sudah mendapatkan panggilan telah diterima bekerja sebanyak 119 lulusan, 47 siswa melanjutkan kuliah, 5 siswa memilih untuk berwirausaha. 


(MH Habib Shaleh/CN41/SM Network)