• KANAL BERITA

Kementerian Pariwisata Bantu Promosikan Wisata Kabupaten Batang

Kepala Biro Komunikasi Publik Kementerian Pariwisata bersama awak media yang tergabung dalam FWPBKPKP, saat berada di lokasi Wanawisata Sikembang, Blado. (suaramerdeka.com. Kasirin Umar)
Kepala Biro Komunikasi Publik Kementerian Pariwisata bersama awak media yang tergabung dalam FWPBKPKP, saat berada di lokasi Wanawisata Sikembang, Blado. (suaramerdeka.com. Kasirin Umar)

BATANG, suaramerdeka.com – Kementerian Pariwisata akan membantu mempromosikan wisata di Kabupaten Batang lewat program Visit to Batang 2022 dengan tagline (slogan) Heaven of Asia.

Hal itu dikatakan Kepala Biro Komunikasi Publik Kementerian Pariwisata Guntur Sakti, usai mengunjungi sejumlah tempat wisata di Kabupaten Batang, di antaranya Perkebunan Teh Pagilaran dan Wanawisata Sikembang, Desa Kembanglangit Kecamatan Blado, Kamis (3/5).

“Kabupaten Batang bukan lagi memiliki potensi wiasata, tapi sudah memiliki daya saing yang harus didukung oleh semua stakeholder untuk membuktikan sebagai surganya Asia,” ujar Guntur.

Guntur berkunjung ke Batang bersama sejumlah insan media, dalam Press Tour yang tergabung pada Forum Wartawan Pariwisata Biro Komunikasi Publik Kementerian Pariwisata (FWPBKPKP), untuk meliput sejumlah tempat wisata di Kabupaten Batang.

Guntur menambahkan, tageline itu sebuah mimpi dan janji untuk direalisasikan kepada para wisatawan. “Maka janji itu setiap tahun harus dipenuhi dengan memberikan kesan destinasi yang aman, nyaman, indah, rapi dan sejuk,”kata Guntur.

Ia menambahkan, Heaven of Asia adalah spirit masyarakat Kabupaten Batang yang merupakan sebuah pengharapan yang ditawarkan kepada wisatawan, melalui pembuktian program – program wisata yang dapat menarik pengunjung. Untuk itu, ujar Guntur, harus ada dukungan promosi yang melibatkan masyarakat melalui sosial media, media elektronik dan lainnya.

“Batang harus memiliki strategi promosi melalui media pemasaran, kalau sekiranya ingin menjadi destinasi yang memiliki daya saing untuk dijual. Pemerintah pusat akan terus membantu mempromosikan pemasarannya, karena kita memiliki platform atau operator sistem melalui digital media, media elektronik, media cetak maupun media sosial,” sebut Guntur.

Dikatakan lebih lanjut, kalau memang Batang ingin menggemparkan destinasi wisata, pihaknya akan mendatangkan endorser (sarana pendukung), menteri, artis atau selebriti. Karena dengan cara itu, imbuh Guntur, merupakan cara yang paling cepat meningkatkan pamor destinasi wisata.

Sementara itu Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olah Raga Kabupaten Batang Wahyu Budhi Santoso mengatakan, program pariwisata Kabupaten Batang mengangkat tema back to nature atau kembali ke alam. Karena Batang memiliki keindahan alam yang luar biasa, dari laut, daratan dan pegunungan.

“Inilah kekayaan alam yang ditangkap oleh Bupati Batang Wihaji sebagai surganya Asia dengan memiliki laut, daratan, pegunungan serta memiliki kearifan lokal yang berbeda dan unik, untuk dijual sebagai industri wisata,” ujar Wahyu Budi Santoso.


(Kasirin Umar/CN33/SM Network)