• KANAL BERITA

Jadwal Resmi Piala Indonesia Belum Diterima

PSIS Akan Uji Hasil Latihan Skuad U-19

HALANGI REKAN: Gelandang PSIS Semarang, Akhlidin Israilov (kiri) berusaha menghalangi pergerakan Hari Nur dalam sesi latihan di Stadion Citarum, Kamis (3/5) sore. (SM/ M Alfi Makhsun)
HALANGI REKAN: Gelandang PSIS Semarang, Akhlidin Israilov (kiri) berusaha menghalangi pergerakan Hari Nur dalam sesi latihan di Stadion Citarum, Kamis (3/5) sore. (SM/ M Alfi Makhsun)

SEMARANG, suaramerdeka.com - PSIS Semarang dijadwalkan akan menguji hasil pemusatan latihan tim junior mereka, yakni PSIS U-19, dalam latih tanding yang digelar di lapangan Yayasan Terang Bangsa Jumat (4/5) pagi ini.

Pelatih PSIS U-19, M Ridwan sangat senang skuadnya mendapat kesempatan untuk melawan tim senior di pekan ketiga mereka menggelar latihan. Laga uji coba ini merupakan pertandingan pertama Laskar Mahesa Jenar Muda sebelum mengikuti kompetisi Liga U-19 yang rencana digelar pertengahan tahun ini.

''Di pekan ketiga TC (training center) ini kami memang membutuhkan lawan tanding untuk melihat sebaik apa hasil latihan selama ini. Alhamdulillah, lawan kami tim senior yang saat ini sedang mempersiapkan diri melawan Persela Lamongan di ajang Liga 1. Saya harap serangan tim senior akan memperlihatkan kemampuan bertahan anak-anak nantinya. Ini juga agenda yang baik untuk memberi pengalaman kepada mereka,'' kata Ridwan kemarin.

Pelatih yang semasa bermain sempat memperkuat tim nasional Indonesia itu juga ingin melihat kekompakan anak asuhnya. Ridwan juga berencana memainkan seluruh pemainnya secara bergantian dalam uji coba ini.

''Kami nanti akan ikut bagaimana format uji coba dengan tim senior. Yang pasti dalam laga ini saya ingin melakukan rotasi untuk memberi kesempatan bermain semua pemain. Sejauh ini belum ada winning eleven yang baku di tim. Hanya kerangkanya saja yang sudah mulai terlihat,'' lanjut Ridwan.

Kesempatan beruji coba ini juga akan dimanfaatkan Pelatih PSIS, Vincenzo Alberto Annese untuk melihat strategi yang dia terapkan dalam latihan. Vincenzo menekankan pressure dan penyelesaian akhir usai mereka takluk dari Perseru Serui akhir pekan lalu.

''Kami banyak latihan untuk melakukan tekanan kepada lawan saat mereka memegang bola. Selain itu tentu penyelesaian akhir yang menjadi masalah kami. Masih punya beberapa waktu sebelum melawan Persela akan kami manfaatkan secara baik,'' kata Vincenzo sebelum latihan di Stadion Citarum, Kamis (3/5) kemarin.

Beberapa macam latihan serangan seperti variasi sepakan dari luar kotak penalti maupun pergerakan tanpa bola pemain juga menjadi menu dalam latihan pekan ini. Pelatih asal Italia ini juga tengah bereksperimen untuk lebih banyak memainkan M Yunus di sisi sayap.

''Kami harus terus meningkatkan kualitas tekanan pada lawan dalam setiap pertandingan. Lewat mini game baik pemain yang selama ini menjadi starter di lapangan maupun pemain lainnya harus siap untuk melakukan hal tersebut,'' tandas Vincenzo.

Surat Resmi
Selain mempersiapkan diri dalam uji coba dan laga Liga 1 melawan Persela, PSIS saat ini juga tengah menunggu surat resmi dari PSSI terkait Piala Indonesia. Dalam drawing yang dilakukan di Stadion Gelora Bung Karno kemarin disebutkan PSIS akan bertemu dengan klub Liga Persab Brebes di babak 128 besar.

''Kami baru mengetahui kabar hasil drawing ini baru secara informal. Surat resmi belum kami dapat dan tanggal pelaksanaannya belum jelas. Masih akan kami tunggu dan PSIS siap untuk menjalani laga Piala Indonesia di tengah ketatnya persaingan Liga 1,'' kata Manajer PSIS, Setyo Agung Nugroho.

Jika benar Piala Indonesia ini dimulai Mei ini, Laskar Mahesa Jenar menyatakan diri siap. Mereka punya 30 pemain yang siap tampil di ajang bergengsi tersebut.

''Tidak ada alasan bagi kami jadwal padat di Mei ini. Sebab sejak awal memang Piala Indonesia diberitahukan agan digelar selama kompetisi Liga 1 bergulir. Toh tidak hanya PSIS yang mengalami. Namun juga tim Liga 1 lainnya. Sehingga tidak ada alasan terkait jadwal yang semakin padat. Nanti kami harus pintar-pintar untuk mengatur pola latihan dan istirahat pemain,'' tandas Setyo Agung. 


(M Alfi Makhsun/CN34/SM Network)