• KANAL BERITA

Bank DKI Jadi Pilot Project BPJS Ketenagakerjaan

Foto: Istimewa
Foto: Istimewa

JAKARTA, suaramerdeka.com - Bank DKI dan wilayah kerjanya hingga ke Kepulauan Seribu menjadk pilot project percontohan dalam pelayanan bagi peserta program Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan. Kelak pelayanan serupa akan dilakukan di seluruh Indoneska dengan melibatkan Bank Pembangunan Daerah (BPD) setempat.

Dirut Bank DKI Kresno Sediarsi mengatakan pihaknya akan melaksanakan kerja sama dengan BPJS Ketenagakerjaan selama tiga tahun. "Mencakup aspek penerimaan iuran dalam bentuk delivery channel, pembayaran klaim, dan layanan operasional internal BPJS Ketenagakerjaan," katanya, di Jakarta.

Kresno yang juga Ketua Umum Asosiasi Bank Pembangunan Daerah (Asbindo) mengatakan, jika kerja sama dengan BPJS Ketenagakerjaan ini berhasil maka kelak akan akan melibatkan semua Bank Pembangunam Daerah di seluruh provinsi.

Direktur Pelayanan BPJS Ketenagakerjaan Krishna Syarif mengatakan nantinya pihaknya akan menerbitkan nomor virtual account ataupun melalui Electronic Payment System (EPS) sehingga peserta dapat melakukan pembayaran iuran di kantor Bank DKI manapun di seluruh Indonesia. Untuk pelayanan yang sama, sebelumnya BPJS Ketenagakerjaan juga telah bekerjasama dengan Mandiri, BNI, Bukopin dan BJB.

Bank DKI memiliki captive market yang kuat seperti UMKM binaan Pemprov DKI Jakarta, pekerja harian lepas, karyawan, maupun pekerja bukan penerima upah (BPU) di lingkungan pasar-pasar kelolaan PD Pasar Jaya. Jika ditambah dengan keluarganya maka jumlahnya bisa 7,5 juta orang. "Kesemuanya merupakan pekerja yang berhak atas perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan,” kata Krishna.


(Wahyu Atmadji/CN26/SM Network)