• KANAL BERITA

Tim Dalprog Kodam Kunjungi Kodim 0707/Wonosobo

Hindari Penyimpangan Penganggaran Program

MENINJAU: Tim Dalprog Kodam IV/Diponegoro meninjau kegiatan administrasi di Kodim 0707/Wonosobo. (suaramerdeka.com / M Abdul Rohman)
MENINJAU: Tim Dalprog Kodam IV/Diponegoro meninjau kegiatan administrasi di Kodim 0707/Wonosobo. (suaramerdeka.com / M Abdul Rohman)

WONOSOBO, suaramerdeka.com - Tim Pengendalian Program (Dalprog) Kodam IV/Diponegoro melakukan monitoring ke Kodim 0707/Wonosobo, Kamis (3/5) pagi. Kegiatan tersebut dilakukan guna mengendalikan dan mengawasi pelaksanaan program kerja dan anggaran Kodim 0707/ Wonosobo Tahun 2018. Diharapkan dapat menghindari penyimpangan dalam pelaksanaannya, agar tidak menghambat sasaran program.

Monitoring dipimpin Pabandya Gar Srendam IV/Diponegoro Letkol Cku Untung Heri Widyanto didampingi Pabandya Anev/Dalprog Srendam Mayor Czi Jati Priyono, Pabandya Gal Sinteldam Mayor Inf Rudi, Pabandya Renops Sopsdam Mayor Inf Yudhi Novrizal, Pabandya Puanter Sterdam Mayor Inf Agus, Pabandya Bekang Slogdam Mayor Cba Hartono dan Pabanda Diaga Spabanrendiaga Spersdam IV/Diponegoro Kapten Inf Rofiq Teguh Nugroho.

Letkol Untung menyebutkan, Dalprog bukan untuk mencari kesalahan, namun sebagai forum konsultasi terhadap program kerja yang telah dilaksanakan, maupun yang akan dilaksanakan. "Ini agar program bisa lebih efektif dan efesien serta optimal dalam mencapai sasaran. Dalprog juga menjadi bagian upaya pimpinan melihat sejauh mana kinerja satuan bawah dalam merealisasikan program dalam mendukung tugas pokok masing-masing," ujarnya.

Pelaksanaan Dalprog kali ini, kata dia, meninjau secara langsung sejauhmana kemajuan administrasi dan fisik hasil pelaksanaan program kerja dan anggaran Kodim 0707/Wonosobo 2018 hingga triwulan I, dari Januari-Maret. Diharapkan pada akhir tahun anggaran 2018, tidak terjadi penumpukan kegiatan maupun anggaran, akibat penyerapan anggaran yang tidak optimal.

"Kami berharap, semua program dan anggaran TNI Angkatan Darat tahun 2018 dapat tercapai. Dari itu kegiatan ini bertujuan untuk mengendalikan serta mengawasi pelaksanaan program kerja dan anggaran Kodim 0707/Wonosobo 2018 untuk menghindari penyimpangan dalam pelaksanaannya. DIharapkan, tidak menghambat sasaran program yang dilakukan," harap dia.

Selain itu, kegiatan Dalprog Kodam memiliki arti yang sangat penting, guna melihat kondisi rill tentang kemajuan administrasi dan fisik setiap program dan kegiatan yang sedang berjalan. Ini sekaligus dapat dimanfaatkan untuk melihat kondisi objektif Kodim 0707/Wonosobo, khususnya berbagai fasilitas, sarana dan prasarana, sehingga dari hasil peninjauan yang dilakukan saat ini.

Diharapkan, nantinya dapat menjadi bahan masukan bagi Pimpinan TNI AD dalam proses perencanaan dan penganggaran pada tahun yang akan datang. Dalam kesempatan itu, monitoring diterima Kasdim Mayor Inf Jaka Susila bersama Perwira Staf Kodim 0707/Wonosobo di Aula Makodim 0707/Wonosobo. Dandim 0707/Wonosobo Letkol Czi Fauzan Fadli pada kesempatan yang sama tengah menutup TMMD Sengkuyung I.


(M Abdul Rohman/CN26/SM Network)