• KANAL BERITA

BUMD Harus Berperan Aktif Majukan Perekonomian

foto: suaramerdeka/dok
foto: suaramerdeka/dok

JAKARTA, suaramerdeka.com - Semua pihak menaruh harapan  besar terhadap Badan Usaha Milik Daerah (BUMD). Oleh karena itu, perusahaan pelat merah itu harus berperan aktif memajukan perekonomian daerah.

"BUMD diharapkan menjadi tuan rumah  di rumah kita sendiri." Hal itu dikatakan M Lutfi Handayani,Ketua Panitia Pelaksana Penghargaan TOP BUMD di Rafflesia Grand Ballroom, Jakarta, Kamis (3/5).

Acara tersebut dihadiri oleh Ketua MPRI RI Zulkifli Hasan, Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo, anggota DPD RI Parlindungan Purba, Gubernur Jawa Timur Soekarwo, beserta tamu undangan yang berasal dari direksi BUMN dan BUMD se-Indonesia. 

Dijelaskan, bahwa BUMD memiliki tugas besar dalam mengelola potensi dan meningkatkan kesejahteraan daerah. Hal itu terkandung dalam Pasal 33 UUD 1945, bahhwa memajukan kesejahteraan umum merupakan tugas konstitusional negara dan pemerintah daerah. 

"Dalam memajukan kesejahteraan umum tersebut, BUMD merupakan suatu badan usaha yang seluruh atau sebagian modal berasal dari kekayaan daerah yang berperan sebagai salah satu pelaku ekonomi dalam sistem perekonomian daerah dan nasional," ucapnya.

Peserta TOP BUMD 2018 disaring dari lebih 2.000-an BUMD di seluruh Indonesia. Kemudian diseleksi menjadi 200 BUMD Finalis.

Dari Finalis tersebut, sebanyak 150 BUMD Finalis yang mengikuti proses penilaian lanjutan secara lengkap. Jumlah Peserta ini, meningkat 42,1% dibanding tahun lalu dimana sebanyak 79 BUMD Finalis yang mengikuti proses penilaian secara lengkap.

Di sini, sejumlah lembaga penilai dan konsultan yang ikut sebagai penilai ada beberapa. Antara lain  Asia Business Research Center; Alvara; Sinergi Daya Prima; PPM Manajemen; Melani K. Harriman Associates; dan lain-lain.

Setiap peserta yang mengikuti penjutian, mendapatkan feedback/ nilai tambah berupa masukan dan saran saran dari Dewan Juri auntuk perbaikan pengelolaan usaha dimasa yang akan datang.


(Budi Nugraha/CN34/SM Network)