• KANAL BERITA

Akses Menuju Bandara A Yani Akan Dibangun Dua Fly Over

foto: Istimewa
foto: Istimewa

SEMARANG, suaramerdeka.com - Direktur Utama PT Angkasa Pura I, Faik Fahmi mengatakan mengenai akses masuk bandara, pihaknya juga telah berkoordinasikan dengan Pemerintah Kota Semarang. Baginya masalah akses tidak sepenuhnya kendali dari AP I. 

''Upaya yang kami lakukan bagaimana konsen dari komisi VI itu bisa diatasi. Yakni dengan berkoordinasi dengan pihak terkait,'' kata Faik terpisah. 

Menanggapi akses masuk bandara baru ini, Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kota Semarang, Iswar Aminuddin mengatakan terkait akses menuju terminal bandara baru telah membuat beberapa alternatif. Pihaknya berharap akses utama menuju bandara berada di jalan Madukoro.

''Seperti yang kita tahu di Jalan Madukoro sekarang sudah lebar dan dua jalur. Lha sekarang untuk menyempurnakan adalah menambah fly over atau jembatan layang di perlintasan kereta api,'' kata Iswar.

Iswar berharap adanya jembatan tersebut tidak ada lagi ganguan menuju bandara. Saat ini prosesnya telah dilakukan penyusunan Detail Enggineering Design (DED).

''Kami juga sedang membuat proposal untuk diajukan ke Menteri PUPR. Kami juga sudah sampaikan hal ini ke komisi VI. Mereka akan memfasilitasi untuk mengkomunikasikan,'' lanjutnya.

Ada dua fly over menuju bandara baru yakni di Jalan Anjasmoro, dan Madukoro. Anggaran yang dibutuhkan untuk pembangunan dua jembatan layang ini kurang lebih Rp 120 Miliar.

''Pada intinya kami sudah siap apabila 2 Juni 2018 ini bandara baru dioperasionalkan. Pembangunan jembatan layang akan diutamakan di Jalan Madukoro,'' tandas Iswar. 


(M Alfi Makhsun/CN34/SM Network)