• KANAL BERITA

SMP MBS Bumiayu Lepas Siswa dengan Tadabbur Alam

Siswa MBS Bumiayu mengikuti permainan outbound dalam acara Tadabbur Alam di Waduk Penjalin, Desa Winduaji, Kecamatan Paguyangan, Brebes. (suaramerdeka.com/Teguh Inpras)
Siswa MBS Bumiayu mengikuti permainan outbound dalam acara Tadabbur Alam di Waduk Penjalin, Desa Winduaji, Kecamatan Paguyangan, Brebes. (suaramerdeka.com/Teguh Inpras)

BREBES, suaramerdeka.com - SMP Muhammadiyah Boarding School (MBS) Bumiayu, Brebes, Kamis (3/5), mengadakan acara pelepasan siswa angkatan pertama yang tahun ini akan lulus. Menariknya, acara pelepasan itu tidak dilakukan di gedung atau panggung dengan aneka acara hiburan. Tetapi dilakukan di alam terbuka Waduk Penjalin, Desa Winduaji, Kecamatan Paguyangan.

”Ini acara pelepasan santri atau siswa angkatan pertama dengan konsep tadabbur alam,” kata Mudir, Direktur SMP MBS Bumiayu Abdul Karim Naghib.

Dikemukakan, tadabbur alam merupakan sarana pembelajaran untuk lebih mengenal ke Maha Besaran Allah SWT yang telah menciptakan langit dan bumi serta segala isinya. 

Menurutnya, kegiatan tersebut mengajarkan para untuk menjadi bagian penting dalam melestarikan lingkungan sekitar. ”Jadi sebelum dilepas, kami ingin mengajak para siswa untuk selalu mensyukuri ciptaan Allah. Mengingatkan kembali pada para siswa untuk lebih mencintai alam dan berguna bagi alam,” kata dia

Permainan Outbound

Selain diajak mensyukuri ciptaan Allah SWT, para siswa juga dilibatkan dalam permainan outbound. Salah satunya jelajah alam sekitar waduk secara berkelompok. Pada setiap pos yang dilewati, masing-masing kelompok harus menyelesaikan permainan, misalnya memasukkan kelereng dalam botol dengan bilah bambu. ”Setiap permainan menggambarkan bagaimana soliditas dan kerjasama kelompok, membangun mental dan karakter pemimpin,” kata Karim

Salah satu siswa, Rista Samara Aziza, mengungkapkan bahwa acara tadabur alam sangat bermanfaat. “Menambah wawasan, mengajak kita untuk lebih menghargai alam” ujar peraih medali emas lomba pidato bahasa Arab OlympicAD V tahun 2017 itu.

Kepala SMP MBS Bumiayu, Muhtadi menambahkan, siswa angkatan pertama yang akan dilepas berjumlah 25 siswa. ”Alhamdulillah meski pun tergolong sekolah baru, kami mampu menyelenggarakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK),” kata dia.


(Teguh Inpras Tribowo/CN40/SM Network)