• KANAL BERITA

Tari Sajojo Meriahkan Penutupan TMMD Reguler ke-101 di Pati

foto: suaramerdeka.com/dok
foto: suaramerdeka.com/dok

PATI, suaramerdeka.com - Bukan hanya dari adat serta budaya lokal Jawa Tengah saja yang turut memeriahkan upacara penutupan TMMD Reguler ke-101 yang berlangsung di Desa Godo Kecamatan Winong, Kamis (03/05). Para putra Papua ini jauh-jauh datang ke pulau Jawa, sengaja ingin menampilkan Tarian “Sajojo”. 

Sejenak mengulik tentang tarian dari Papua ini, tari Sajojo adalah salah satu tarian tradisional yang berasal dari daerah Papua. Tarian ini juga termasuk jenis tarian pergaulan yang bisa dilakukan oleh siapa saja. Tak pandang jenis kelamin baik pria mau pun wanita, tak pandang usia baik tua mau pun muda. Tari Sajojo ini merupakan salah satu tarian tradisional yang sudah terkenal di Papua dan sering ditampilkan di berbagai acara, baik adat, hiburan, mau pun acara budaya lainnya.

Sedangkan nama tari Sajojo sendiri diambil dari judul lagu yang mengiringinya, yaitu lagu “Sajojo”. Lagu ini adalah lagu daerah dari Papua yang menceritakan tentang seorang gadis yang diidolakan dan dicintai di kampungnya. Walau gerak Tari Sajojo tidak banyak menggambarkan lirik lagu tersebut, namun iramanya yang penuh keceriaan. Sehingga sangat cocok lagu tersebut untuk mengiringi gerakan Tari Sajojo.

Dalam kegiatan upacara penutupan TMMD yang berlangsung di wilayah Kabupaten Pati, ada yang menarik untuk disimak dan disaksikan. Yaitu pemandangan dan atraksi seni budaya yang jarang ditampilkan di seputar wilayah Jawa Tengah. Pentas seni dan budaya yang ditampilkan setelah kegiatan upacara penutupan TMMD ini dibawakan oleh putra-putra asli Papua, tujuh orang putra Papua berbadan tegap ini adalah merupakan anggota TNI yang berdinas di Yonif 410/Alugoro Blora dibawah arahan Letnan Satu Inf P Siagian, Komandan Peleton Satu Yonif 410/Alg.

Tidak heran mereka bertujuh telah biasa dan tampak luwes dalam membawakan tarian Sajojo yang dipertontonkan dalam kegiatan upacara penutupan TMMD tersebut.  Sehingga membuat penonton begitu antusias, ini dikarenakan pada saat sebelum berdinas di TNI mereka sudah terbiasa dan sering melakukan tarian Sajojo yang sangat populer bukan hanya di Papua saja tapi sudah banyak dikenal di nusantara.


(Red/CN40/SM Network)