• KANAL BERITA

Open Book, Makalah Tulis Tangan

Seleksi Akhir Calon Sekda

PENYUSUNAN MAKALAH: Lima pejabat calon sekda Blora mengikuti seleksi penulisan makalah di aula BKD Blora. (suaramerdeka.com/Abdul Muiz)
PENYUSUNAN MAKALAH: Lima pejabat calon sekda Blora mengikuti seleksi penulisan makalah di aula BKD Blora. (suaramerdeka.com/Abdul Muiz)

BLORA, suaramerdeka.com - Lima pejabat calon sekretaris daerah (sekda) Blora, mulai kemarin menjalani seleksi terakhir berupa penulisan makalah, presentasi dan wawancara. Tahapan akhir tersebut berlangsung dua hari, Kamis dan Jumat (3-4/5) di aula Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Blora.

Makalah mengambil tema Rencana Strategis Sekda Dalam Mewujudkan Masyarakat Blora yang Sejahtera dan Bermartabat. Panitia menerapkan open book. Peserta boleh membuka buku mau pun referensi lainnya dalam menyusun makalah.

Ide dan gagasan dalam makalah lah yang akan membedakan hasil karya mereka. ‘’Dalam penulisan makalah itu, para peserta diberikan waktu selama 120 menit atau dua jam. Makalah ditulis tangan di atas kertas yang telah disiapkan panitia, maksimal delapan lembar,’’ ujar Sekda Bondan Sukarno, saat membuka seleksi penulisan makalah, presentasi dan wawancara, kemarin.

Setelah penyusunan makalah selesai, besok pagi (hari ini, red) akan dilanjutkan dengan presentasi dan wawancara. Lima pejabat sebelumnya telah dinyatakan lolos seleksi kompetensi oleh unit penilai kompetensi Provinsi Jateng, 27 April.

Kelima pejabat itu adalah Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu, Purwanto, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang, Samgautama Karnajaya, Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan, Wahyu Agustini, Asisten II Bidang Ekonomi Pembangunan dan Kesejahteraan Rakyat, Slamet Pamuji serta Kepala Badan Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPPKAD) Komang Gede Irawadi.

Menurut rencana, dalam tahapan presentasi dan wawancara, sejumlah pejabat dari Pemprov Jateng seperti Sekdaprov akan hadir. Selain itu juga akan dihadiri pejabat dari Badan Kepegawaian Nasional (BKN) dan akademisi serta panitia seleksi (pansel) Seleksi Terbuka Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama Sekda Blora. 

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Blora, Joko Ristriyono mengemukakan, dalam presentasi nanti menggunakan power point. ‘’Setiap peserta diperbolehkan membawa seorang asisten atau pendamping untuk mengoperasikan power point,’’ katanya.

Setiap peserta hanya diberikan waktu maksimal sepuluh menit untuk menyampaikan presentasi hari ini. Penajaman lebih banyak akan difokuskan dalam diskusi atau wawancara yang alokasi waktunya 50 menit. Panitia telah menyusun daftar urutan presentasi dan wawancara berdasarkan abjad nama peserta.

Menurut rencana, hasil akhir seleksi akan diumumkan 7 Mei. Dalam pengumuman itu akan ditentukan tiga nama. Nama-nama tersebut selanjutnya akan disampaikan kepada Bupati untuk dipilih salah satunya sebelum ditetapkan menjadi Sekda Blora. Namun sebelum diputuskan siapa yang menjadi sekda, terlebih dahulu nama tersebut diajukan ke Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) di Jakarta. 


(Abdul Muiz/CN40/SM Network)