• KANAL BERITA

Lagi, Proyek Jembatan Gantung Ditunda

Warga melintas di gapura terminal baru Ir Soekarno yang berada di Jl Lingkar Selatan dekat dengan stasiun. (suaramerdeka.com/Achmad Hussain)
Warga melintas di gapura terminal baru Ir Soekarno yang berada di Jl Lingkar Selatan dekat dengan stasiun. (suaramerdeka.com/Achmad Hussain)

KLATEN, suaramerdeka.com - Proyek pembangunan jembatan gantung penghubung (sky brigde) antara kompleks terminal tipe A Ir Soekarno dan stasiun Klaten gagal lagi tahun ini. Proyek yang rencananya didanai APBN, sejak tiga tahun lalu itu, ditunda sampai batas waktu tidak ditentukan.

Sekretaris Dinas Perhubungan Pemkab Klaten, Sudiyarsono mengatakan, proyek pembangunan jembatan penghubung terminal ke stasiun itu semula akan dilakukan tahun ini. ''Namun ditunda sebab belum ada DED-nya,'' katanya, Kamis (3/5).

Beberapa waktu lalu Dinas sudah berkoordinasi ke pemerintah pusat dan proyek itu dipastikan tertunda. Penundaan proyek yang sudah tiga tahun direncanakan itu dilakukan karena dokumen detail engginering design (DED) belum ada.

Perencanaan DED itu sepenuhnya ada di kewenangan pemerintah pusat tetapi belum selesai dikerjakan. Proyek senilai Rp 10 miliar itu sepenuhnya akan ditanggung APBN. Dalam dokumen Kementerian Perhubungan proyek itu sebenarnya sudah mendapatkan tanda bintang atau masuk prioritas dikerjakan.

Namun karena DED belum selesai, tetap tidak bisa dibangun. DED merupakan dokumen yang akan menjadi dasar pembangunan dari sisi teknisnya. Selain DED, dokumen analisis dampak dan lingkungan (Amdal) pun masih dikerjakan pusat. Dari sisi dampak, pembangunan itu tidak akan berdampak besar sebab dibangun di atas dengan melintasi jalan raya.

Hanya saja, kata Sudiyarsono, Pemkab tidak terlibat dalam pekerjaanya meski pun lokasinya berada di Kabupaten  Klaten. Jembatan itu akan menjadikan terminal dan stasiun terpadu dan terhubung. Tanpa harus dengan menyeberang jalan raya, warga bisa melalui jembatan itu untuk ke stasiun atau sebaliknya.

Menurut Kepala Dinas Perhubungan Pemkab Klaten, Slamet Widodo ada beberapa proyek Kementerian Perhubungan di wilayah Kabupaten Klaten. Selain jembatan penghubung itu ada rencana pembangunan pintu lintasan KA di Kecamatan Prambanan.  

''Proyek itu juga dipending dan tidak dilaksanakan tahun ini,'' ungkapnya.

Pintu lintasan KA itu dibangun untuk mencegah kerawanan kecelakaan antara kereta dan pengguna jalan. Realisasi proyek itu belum dijelaskan kapan, yang jelas belum tahun ini.

Wiyono, salah seorang warga mengatakan penundaan pembangunan jembatan penghubung itu tidak masalah. Sebab selama ini jumlah penumpang dari terminal akan ke stasiun atau sebaliknya belum padat.


(Achmad Hussain/CN40/SM Network)