• KANAL BERITA

Pemkot Magelang Dorong Usaha Kecil Makin Maju

TINJAU STAND: Wali Kota Magelang, Sigit Widyonindito meninjau stand pameran Magelang Fair 2018 di Alun-alun Kota Magelang. (Foto: suaramerdeka.com/Asef Amani)
TINJAU STAND: Wali Kota Magelang, Sigit Widyonindito meninjau stand pameran Magelang Fair 2018 di Alun-alun Kota Magelang. (Foto: suaramerdeka.com/Asef Amani)

MAGELANG, suaramerdeka.com – Pemkot Magelang terus memotivasi agar usaha kecil di Kota Magelang kian berkembang dan maju. Berbagai upaya dilakukan dari menggelar pameran atau bazaar sampai mengirim sejumlah pengusaha untuk studi banding.

Hal itu diungkapkan Wali Kota Magelang, Sigit Widyonindito saat membuka Magelang Fair 2018 di Alun-alun Kota Magelang, Kamis (3/5). Sigit mengungkapkan, beberapa hari lalu pihaknya memberangkatkan satu bus para wirausaha ke Jakarta.

“Di Jakarta, mereka bisa melihat produk tingkat nasional secara langsung,” ujarnya.

Menurutnya, dengan melihat secara langsung produk-produk nasional, akan memacu para pengusaha di Kota Magelang untuk meningkatkan kuantitas dan kualitas produk mereka. Ia tidak ingin produk dari pengusaha Kota Sejuta Bunga kalah saing.

Diakuinya, keberadaan pemerintah harus bisa memberikan keluasan kepada para pelaku usaha baik UMKM maupun KUB untuk memamerkan inovasi dan kreatifitas mereka. Ia pun membuat surat edaran ke OPD dan BUMD serta swasta yang berisi agar memakai batik Magelang.

Sementara itu, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Magelang, Sri Retno Murtiningsih mengutarakan, even Magelang Fair merupakan rangkaian peringatan Hari Jadi ke-1.112 Kota Magelang. Tujuannya untuk meningkatkan daya saing.

Magelang Fair dilaksanakan selama empat hari, Kamis-Senin (3-7/5). Terdapat 198 stand yang tersedia dan diisi oleh beragam produk. Adapun rangkaian kegiatan antara lain pameran nasional, gelar produk, pelatihan marketing online, festival kuliner, lomba mewarnai 1000 anak PAUD dan TK, pagelaran seni dan budaya, musik akustik, dan lomba videografi. 

“Kami harap melalui pameran ini terjadi kolaborasi antara usaha kecil dan besar, sehingga dapat saling bermanfaat untuk masing-masing pengusaha,” jelasnya.


(Asef Amani/CN41/SM Network)