• KANAL BERITA

Tim IST Akprind Latih Pelajar Buat Robot Soccer

Foto: IST Akprind
Foto: IST Akprind

MAGELANG, suaramerdeka.com – Institut Sains dan Teknologi (IST) Akprind Yogyakarta menurunkan kekuatan penuh untuk melatih ratusan pelajar SMP/Sederajat se-Kota Magelang seputar robot soccer, Kamis (3/5). Sebanyak 40 orang dari dosen dan mahasiswa melatih anak-anak caranya merancang, merakit, dan memprogram.

Tim yang diketuai Kajur Teknik Elektro IST Akprind Yogyakarta, Sigit Priambodo dengan sabar melatih para pelajar. Anak-anak pun dengan antusias mengikuti instruksi para pelatih agar mendapat hasil terbaik saat berlangsungnya Robot Soccer Competition 2018 bulan Juli mendatang.

 “Kami semangat melatih anak-anak ini bagaimana caranya membuat robot soccer. Kami bawa 10 dosen dan 30 mahasiswa untuk mendampingi para pelajar,” ujar Sigit di sela workshop Robot Soccer Competition 2018 di Borobudur International Golf & Country (BIGC) Magelang.

Di antara sekian pendamping, terdapat praktisi robotik yang karyanya sudah berlaga di sejumlah negara, yakni Benny Firman. Benny beserta timnya bahkan akan berangkat ke Jepang untuk mewakili Indonesia dalam kompetisi robot soccer.

“Kami lihat antusias anak-anak sangat besar, karena menurut mereka robot soccer adalah hal baru. Magelang merupakan satu-satunya daerah yang menjadi project contest kami. Beberapa daerah lain hanya sebatas pembinaan. Luar biasanya, pelatihan kali ini sampai dengan pemrograman,” katanya.

Para pelajar peserta workshop memang terlihat sangat antusias mengikuti instruksi para pendamping.

Sementara itu, Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Kota Magelang, Arif Barata Sakti menjelaskan, workshop Robot Soccer Competition merupakan salah satu tahap dari diadakannya kompetisi robot sepakbola tahun 2018 yang baru pertama digelar.

Kompetisi ini diikuti oleh 50 tim dengan 100 orang pelajar tingkat SMP/Sederajat se-Kota Magelang. Mereka berasal dari 18 SMP/Sederajat baik negeri maupun swasta yang didampingi oleh 118 guru pendamping.


(Asef Amani/CN41/SM Network)