• KANAL BERITA

Komplotan Pencuri di 28 TKP Berhasil Dibekuk

Foto suaramerdeka.com/Apit Yulianto
Foto suaramerdeka.com/Apit Yulianto

SEMARANG, suaramerdeka.com - Komplotan pencuri berhasil dibekuk tim Resmob Polrestabes Semarang. Tak tanggung-tanggung, pelaku yang terdiri 4 orang itu sudah beraksi di 28 lokasi dalam kurun waktu satu tahun terakhir.

Keempat pelaku tersebut adalah, Asep (40) warga Kebonharjo, Tanjungmas, Kiswanto (50) warga Batursari, Mranggen, Demak, Masrokan (42) dan HU (43) warga Muktiharjo Kidul, Pedurungan, Semarang. Para pelaku ditangkap di waktu hampir bersamaan.

Wakapolrestabes Semarang, AKBP Enrico Silalahi mengatakan, komplotan ini mempunyai sasaran toko. Mereka mencuri dengan modus mengalihkan perhatian penjaga toko maupun pemiliknya.

"Di dua tkp terakhir, total kerugian mencapai Rp 18 juta akibat ulah komplotan ini," ujarnya saat gelar perkara, Kamis (3/5).

Dua tkp tersebut adalah di toko Alumunium di Jalan Majapahit, Semarang yang dimiliki Tan Kiem Hwa, dan sebuah toko milik Umiyatun di jalan Kedungmundu, Tembalang.

"Para pelaku ini beraksi di siang hari, mereka memilih toko saat kondisi ramai," tambah Enrico.

Bersama pelaku diamankan barang bukti berupa dua smartphone, uang Rp 4.295.000 hasil kejahatan, dan tiga unit sepeda motor yang digunakan pelaku untuk beraksi. Para pelaku bakal kenakan Pasal 363 KUHP tentang pencurian dengan pemberatan, dengan ancaman hukuman 7 tahun penjara.


(Apit Yulianto/CN19/SM Network)