• KANAL BERITA

Ini Tiga Strategi Utama Pengembangan Ekonomi Syariah

Foto Istimewa
Foto Istimewa

SEMARANG, suaramerdeka.com - Gubernur Bank Indonesia Agus Martowardojo menjelaskan, di dalam mengembangkan ekonomi dan keuangan syariah di Indonesia perlu berdasarkan pada tiga fokus strategi utama. Yakni pilar pemberdayaan ekonomi syariah, pendalaman pasar keuangan syariah dan pilar riset, asesmen dan edukasi ekonomi serta keuangan syariah.

Dalam mengembangkan ekonomi syariah, Bank Indonesia bersama dengan Majelis Ulama Indonesia (MUI), Badan Wakaf Indonesia dan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) berkomitmen untuk menggiring pengembangan ekonomi dan keuangan syariah berjalan sesuai jalurnya.

Lebih lanjut, Agus menjelaskan, dalam pengembangan ekonomi dan keuangan syariah dalam negeri perlu melibatkan sektor riil syariah. Sehingga, Indonesia tidak hanya sekadar menjadi pasar dari pertumbuhan ekonomi syariah global.

“Yang terkait dengan pengembangan ekonomi keuangan syariah bersama-sama di dalam komite itu dan juga MUI. Pak presiden sudah mengarahkan bahwa kita perlu menyusun roadmap pengembangan ekonomi keuanga syariah. Jadi, kita akan mengajak penggiat-penggiat ekonomi syariah untuk lebh mengenalkan ekonomi keuangan syariah ke depannya,” ujar Agus dilansir dari Radio Idola.

Untuk mencapai tujuan tersebut, Agus menambahkan, para pemangku kepentingan harus menata dan membereskan persoalan internal. Yakni soal peningkatan sertifikasi halal.


(ER Maya/CN19/SM Network)