• KANAL BERITA

PPI Turki Peduli Yatim Suriah

Foto suaramerdeka.com/dok
Foto suaramerdeka.com/dok

JAKARTA, suaramerdeka.com - Persatuan Pelajar Indonesia (PPI) Turki sebagai bagian dari entitas akademik di Turki selalu merasa terpanggil untuk memberikan kontribusi atas krisis kemanusiaan atau bencana yang menimpa Indonesia dan belahan negara lain. Kali ini yang menjadi sasaran program kemanusiaan PPI Turki adalah Pengungsi Yatim Suriah. 

Penggalangan dana yang sudah dilakukan selama bulan Maret dan April dengan didukung 7 PPI Wilayah yang berada di Turki mampu mengumpukan donasi sebesar 11.347 TRY, sebuah penghimpunan yang besar dibanding pengalangan dana sebelum-sebelumnya. Bantuan ini kemudian secara resmi pada hari selasa 1 Mei 2018 diserahkan ke PKPU Human Initiative melalui Representative PKPU HI di Turki saudara Al Faruq Abdul Aziz.

Penyerahan bantuan ini merupakan puncak dari rangkaian kampanye untuk membantu Yatim Suriya yang digalang oleh PPI Turki, sebelum penyerahan bantuan ini pengurus PPI Turki Pada Tanggal 20-22 April 2018 telah bekerja sama dengan IHH Insani Yardimi dan PKPU Human Initiative untuk melakukan kunjungan langsung ke pusat-pusat pengelolaan bantuan yatim di perbatasn. 

Kegiatan ini diikuti oleh 7 PPI Wilayah diantaranya Istanbul, Bursa, Sakarya, Kastamonu, Kayseri, Konya, dan Gaziantep dengan total 29 peserta. Berbeda dengan program kepeduliaan sebelumnya, dimana Pelajar Indonesia di Turki hanya menggalang donasi terkait krisis kemanusiaan ataupun bencana alamyang terjadi di berbagai wilayah dengan memberikan hasil donasi kepada lembaga kemanusiaan yang telah berkerjasama. 

Di hari akhir kegiatan perwakilan PPI TURKI yaitu Usamah Taqiyuddin selaku Ketua Departemen Sosial dan Kesejahteraan Pelajar memberikan sumbangan secara simbolis didampingi PKPU HI Representative Turki oleh AL Faruq Abdul Aziz kepada Lembaga IHH yakni donasi uang yang telah dikumpulkan bersama selama 20 hari dari tanggal 1 April – 20 April 2018 oleh seluruh PPI Wilayah, dengan total donasi berjumlah TRY 11.349 (Turkish Lira), selain itu makanan dan mainan untuk anak-anakaYatim Piatu juga diberikan sekaligus. 

“Alhamdulillah, pencapaian yang sangat luar biasa dari hasil gerakan kepeduliaan bersama para pelajar Indonesia di Turki. Dengan ini, PPI Turki akan terus menjadi delegasi kemanusiaan terdepan kepada saudara-saudara yang mebutuhkan dibelahan dunia lainnya maupun di tanah air tercinta” ujar Usamah Taqiyuddin Ketua Departemen Sosial dan Kesejahteraan Pelajar PPI Turki.

Kegiatan ditutup dengan penyampaian kesan pesan dari para peserta. “Kegiatan ini patut diapresiasi besar kepada PPI Turki, karena yang kita ketahui bahwasannya setiap penggalangan donasi yang kita lakukan bersama hanya berunjung dengan pemberian donasi kepada lembaga kemanusiaan terkait tanpa adanya perwakilan dari kita yang ikut serta dalam penyalurannya. Kali ini kita mendapat lebih dari itu semua, kita dapat berkumpul bersama dari berbagai kota di Turki untuk terjun langsung ke perbatasan Turki-Suriah, melihat dan merasakan langsung saudara-saudara Suriah khususnya anak-anak dari korban perang di Suriah dengan membawa secara langsung pula hasil donasi bersama dalam bentuk uang dan hadiah” Tutur Hakam Ahmad Ketua PPI Istanbul yang menjadi salah satu peserta acara.

Para peserta mendapatkan banyak pengalaman dan pelajaran. Mengulurkan tangan, menyatukan pundak untuk membantu sesama merupakan hal yang sangat berharga. Kala senyum tertaut pada wajah adik-adik yatim piatu juga saudara dari Suriah saat itu kebahagiaan juga lahir. Kegiatan ini semoga bisa dilaksanakan setiap periode. Memberikan kontribusi nyata kepada sesama. Kami Departemen Sosial dan Kesejahteraan Pelajar PPI Turki mengucapkan terimakasih kepada seluruh peserta juga badan yang turut membantu. Semoga kegiatan ini juga sebagai ladang pahala. 

PPI Turki akan senantiasa bersinergi dengan PKPU Human Initiative dan menjadi bagian dari solusi krisis kemanusiaan dan bencana.


(Satrio Wicaksono/CN19/SM Network)