• KANAL BERITA

Pemerintah Diminta Fasilitasi Budidaya Racun Kalajengking

foto: Istimewa
foto: Istimewa

JAKARTA, suaramerdeka.com - Presiden Joko Widodo dalam forum resmi, menyinggung soal budidaya racun kalajengking yang nilainya lebih mahal ketimbang emas sekalipun. Racun kalajengking dapat menghasilkan pemasukan 10,5 juta dolar AS atau setara Rp 145 miliar per liternya. 

Menurut pengamat komunikasi politik dari Universitas Pelita Harapan, Emrus Sihombing, ide Jokowi tersebut adalah konsep yang menguntungkan. Jokowi melihat peluang bisnis yang besar dari bisa kalajengking tersebut. Namun Jokowi tidak boleh lepas tangan.

"Saya kira ini peluang ekonomi tapi tidak terlepas dari peran pemerintah. Maka Presiden Jokowi jangan lalu lepas tangan. Dalam konteks, karena sudah didengungkan presiden, maka pemerintah harus memfasilitasi masyarakat agar budidaya racun kalajengking dapat diaplikasikan masyarakat. Bahkan, berpotensi menaikkan pendapatan negara dari ekspor," kata Emrus saat dihubungi, Rabu sore.

Menurut Emrus, konsekuensi dari tidak lepas tangan adalah, harus ada penyuluhan dan fasilitasi dari dinas-dinas pertanian dari dinas-dinas di seluruh Indonesia agar budidaya dapat jadi yang terbaik dan bermutu.  

"Yang juga penting adalah, tidak berbahaya bagi manusia serta menguntungkan," ujar Emrus. 


(Hartono Harimurti/CN34/SM Network)