• KANAL BERITA

Keren, Rembang Punya Animation Center

Bupati Rembang H Abdul Hafidz menunjukkan plakat peresmian Cendekia Animation Center di Lasem kemarin. (suaramerdeka.com/Mulyanto Ari Wibowo)
Bupati Rembang H Abdul Hafidz menunjukkan plakat peresmian Cendekia Animation Center di Lasem kemarin. (suaramerdeka.com/Mulyanto Ari Wibowo)

REMBANG, suaramerdeka.com - Selain upacara bendera, Hari Pendidikan Nasional diperingati dengan peluncuran Cendekia Animation Center Lasem dan aksi teaterikal serta pantomim dari SMP An Nawawiyah di Alun-alun Rembang. Bupati Rembang, Abdul Hafidz, yang meresmikan Cendekia Animation Center di SMK Cendekia Lasem, mengaku awalnya meremehkan pusat pelatihan animasi itu. Namun setelah mendengarkan penjelasan dari para pengurus tentang prospek animasi, pihaknya tertarik.

''Animasi bisa menghasilkan keuntungan yang sangat besar. Dengan Cendekia Animation Center ini, saya berharap bisa menggerakkan industri kreatif di Rembang,'' kata dia.

Dia menambahkan, Pemkab Rembang tahun 2018 ini telah menandatangani memorandum of understanding dengan Universitas Diponegoro (Undip) Semarang. Pemkab juga telah menyerahkan lahan seluas 15 hektare untuk pendirian Fakultas Tekhnologi Informatika (TI) Undip di Rembang. ''Setelah TI, Undip juga akan membuka fakultas lainnya di Rembang. Kalau sudah berdiri semua, ada 10 ribu mahasiswa yang diterima,'' jelas dia.

Animator Andal

Ketua Dewan Pembina SMK Cendekia Lasem, Noor Effendi mengatakan, pembukaan Cendekia Animation center ini mengandeng rumah produksi ZeeMotion Yogyakarta. ''Kami berharap dengan kerja sama ini, lulusan SMK bisa langsung terjun ke industri,'' terang Asisten III Pemkab Rembang ini.

Manajer ZieMotion, Lina Wulandari mengatakan, pada tahap awal pihaknya mendidik lima anak untuk menjadi animator andal di Yogyakarta. Anak yang telah dilatih animasi itu akan mengajarkan ilmunya ke teman-temannya. ''Ke depan, kami akan mengambil lebih banyak anak-anak SMK untuk dididik menjadi animator di Rembang,'' tegas dia.

Sementara itu di sela-sela Upacara Hari Pendidikan Nasional, sejumlah siswa SMP An Nawawiyah Rembang menggelar aksi teaterikal pantomim tentang dunia pendidikan di Alun-alun Rembang.

Slamet, salah satu siswa yang menggelar pantomim di Alun-alun Rembang mengatakan, di Hari Pendidikan Nasional ini, bersama teman-temannya mengingatkan tentang pentingnya membaca buku. ''Selain teaterikal pantomim, kami juga membagi-bagikan pembatas buku kepada peserta upacara yang ada di Alun Alun Rembang,'' kata dia. 


(Mulyanto Ari Wibowo/CN40/SM Network)