• KANAL BERITA

Jelang Ramadan, Bara JP Bersih-Bersih Patung

Para anggota Bara JP bersih-bersih patung Monumen Pancasila di sudut Lapangan Pancasila, Selasa (1/5). (suaramerdeka.com/Moch Kundori)
Para anggota Bara JP bersih-bersih patung Monumen Pancasila di sudut Lapangan Pancasila, Selasa (1/5). (suaramerdeka.com/Moch Kundori)

SALATIGA, suaramerdeka.com - Sekelompok orang berseragam baju putih dan kombinasi kotak-kotak hitam merah di punggung pada Selasa (1/5) pagi, terlihat sibuk bersih-bersih patung di sudut Lapangan Pancasila. Di bagian saku baju mereka itu tertuliskan Bara JP yang maksudnya adalah Barisan Relawan Jokowi Presiden.

Dalam bersih-bersih itu, ada yang membawa sapu lidi, lap, atau benda seperti sabit dan cetok. Mereka mebersihakan kotoran, lumut, atau coretan yang melekat di patung itu. Begitu juga sampah-sempah plastik mau pun dedaunan dibersihkannya dengan sapu lidi. Tak ktinggalan rumput-rumput liar yang tumbuh di sekitar patung itu dicabutinya.  

Patung itu adalah patung yang ada dalam Momunen Perjuangan Salatiga  atau lebih dikenal dengan sebutan Monumen Pancasila. Ada tiga pahlawan nasional yang dipatungkan dalam monumen itu, masing-masing Yos Sudarso, Adi Sucipto, dan Brigjen Sudiarto.

Sulistyowati Patty, penasehat DPC Bara JP Salatiga mengatakan, bersih-bersih patung ini memang agenda dari Bara JP Cabang Salatiga. Pihkanya menerjunkan sejumlah personel untuk membersihkan patung-patung yang ada di Salatiga.  

Bukan hanya patung di Momumen Pancasila, patung-patung lain yang dibersihkan bersama-sama itu adalah Patung ABC di kawasan Ledok Salatiga dan Patung Ganesha di petugaan Jalan Tentara Pelajar Salatiga. Semua-patung-patung itu dinilainya  memiki simbul tentang Kota Salatiga. 

"Intinya, di hari May Day ini, kami ikut aksi berupa bersih-bersih dan merawat patung yg menjadi simbul sejarah Salatiga. May Day perlu dimaknai dengan kegiatan posisitf  dengan kerja, kerja, dan kerja, bukan demo. Apalagi ini menjelang bulan suci Ramadan, sebagai simbolis, kami bersih-bersih  dari hal-hal  yang tidak baik.   Supaya kita dijauhkan dari segala hal yang buruk," katanya.

Ketua Bara JP Salatiga, Teguh Kayen menambahkan, di kota Salatiga memang baru berdiri dan memiliki puluhan relawan. Relawan ini  orang yang sangat mencintai Jokowi. 
"Kami melakukan kegiatan positif dan juga bersama memerangi hoaks yang saat ini marak,” jelasnya.


(Moch Kundori/CN40/SM Network)