• KANAL BERITA

Kang Hasan Minta Pemulung Jangan Dipandang Remeh

foto: suaramerdeka.com/Setiyadi Dwi
foto: suaramerdeka.com/Setiyadi Dwi

BANDUNG, suaramerdeka.com - Tak jarang dianggap sebelah mata, pekerjaan pemulung kemudian kerap dicap negatif masyarakat. Padahal, pekerjaan itu memberikan manfaat bagi lingkungan sekitar.

"Kita jangan pandang sebelah mata, Mereka (Pemulung) adalah rakyat yang pengen aktif dalam masalah demokrasi, pekerjaannya terhormat, dan harus kita lindungi," katanya, saat berkunjung ke tempat pengolahan limbah pelastik Bekas di Kecamatan Baros, Kota Sukabumi, seperti dalam keterangan yang diterima, Rabu (2/5).

Bagi pemilik nomor urut 2 itu, aktivitas pemulung turut membantu membersihkan limbah pelastik bekas yang kemudian bisa dimanfaatkan kembali sebagai barang baru yang bermanfaat. 

Karena itu, mantan Wakil Ketua Komisi I DPR tersebut, menyebut profesi pengumpul limbah itu sebagai profesi yang mulia. Menurut Kang Hasan, cara mereka mencari nafkah, lebih mulia, ketimbang mencuri atau mengambil hak orang lain. 

Atas hal negatif yang sering dituduhkan kepada para pemulung, sambungnya, hal itu hanya dilakukan oleh oknum tertentu saja. Dia pun menerima dengan terbuka dukungan yang diberikan oleh para komunitas pemulung tersebut.

Pihaknya pun siap mewujudkan kesejahteraan bagi mereka. Di antaranya mendorong kerjasama dengan pabrik yang bergerak dalam pengolahan limbah supaya menerima barang bekas dari masyarakat. 

Kang Hasan akan pula mengoptimalkan peran koperasi, agar usaha yang mereka jalan lebih rapi dan terstruktur. "Usaha seperti ini, menurut hemat saya bagus, Tapi memang perlu diorganisasi dengan baik seperti di sini, diolah dengan baik, lalu hasilnya dijual kembali," jelasnya, yang bertandem dengan Anton Charliyan Amanah 


(Setiady Dwi/CN40/SM Network)