• KANAL BERITA

Hardiknas Momentum Introspeksi Kualitas Pendidikan

Foto: suaramerdeka.com/dok
Foto: suaramerdeka.com/dok

BANDUNG, suaramerdeka.com - Cagub Jawa Barat Tubagus Hasanuddin menyatakan bahwa semestinya peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) tak sekadar ajang seremoni, tetapi merupakan momentum evaluasi terhadap kualitas pendidikan di setiap daerah termasuk Jabar.

"Hardiknas menjadi cara kita untuk mengintrospeksi, pendidikan sudah maju yes, tapi masih ada bagian yang harus kita benahi terutama di daerah, seperti wilayah Jawa Barat Selatan," katanya di sela-sela pertemuan dengan relawan pendukungnya di Kecamatan Baros, Kota Sukabumi seperti dalam keterangan yang diterima Rabu (2/5).

Dijelaskan, masih banyak daerah di Jabar yang belum memiliki infrastruktur pendidikan yang layak. Hal ini, imbuh pria yang intim disapa Kang Hasan ini, akan mempengaruhi terhadap kualitas pendidikan di daerah tersebut. Diperlukan pemahaman akan kondisi dan situasi yang dialami masyarakat secara nyata. 

Mantan Anggota Komisi I DPR RI itu mencontohkan bangunan sekolah dasar yang runtuh akibat pelapukan, di Kecamatan Tegal Buleud, Kabupaten Sukabumi. Bangunan itu kemudian terabaikan lantaran saling lempar tanggung jawab. Akhirnya tidak ada tindakan nyata, baik dari pemerintah maupun pihak terkait. 

"Saling lempar tanggungjawab, dan mengorbankan masyarakat seperti itu, tentu tidak boleh terjadi, karena yang jadi korban adalah peserta didik, itu yang harus kita selesaikan, kalau saya jadi Gubernur," tegasnya.

Dalam kaitan pendidikan, Kang Hasan yang bertandem dengan Anton Charliyan Amanah (Hasanah) menawarkan Program SakolaGratis yang mencakup persoalan hingga infrastruktur guna menghadirkan kualitas pendidikan yang merata


(Setiady Dwi/CN41/SM Network)