• KANAL BERITA

Upacara Hardiknas di Solo Dimeriahkan dengan Tari Kijang

Foto: Pemprov Jateng
Foto: Pemprov Jateng

SOLO, suaramerdeka.com - Pemerintah Kota Surakarta menggelar Upacara Bendera dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional 2 Mei. Bertempat di Stadion Sriwedari, tema Hardiknas 2018 adalah “Menguatkan Pendidikan, Memajukan Kebudayaan.”

Upacara ini diikuti oleh Organisasi Perangkat Daerah dan juga perwakilan dari siswa-siswi sekolah yang ada di Kota Surakarta. Acara diawali dengan persembahan Tari Kijang dari Dinas Kebudayaan, tidak ketinggalan pula paduan suara gabungan dari SMP N 1 Surakarta, SMP Bintang Laut Surakarta dan SMP Regina Pacis, Surakarta sebagai juara 1, 2 dan 3 lomba paduan suara tingkat SMP se Kota Surakarta.

Wali Kota Surakarta FX Hadi Rudyatmo selaku Pembina Upacara membacakan sambutan dari Menteri Pendidikan Republik Indonesia.

Hari Pendidikan Nasional merupakan peringatan akan hari kelahiran tokoh Pendidikan Nasional Ki Hajar Dewantara. Sebagaimana diakui oleh salah satu Asisten Direktur Jenderal UNESCO, yaitu Fransesco Bandarin, Indonesia merupakan negara adidaya (super power) kebudayaan.

"Oleh karena itu, kita terus menggali kekayaan budaya Indonesia, melestarikan, dan mengembangkannya demi terwujudnya Indonesia yang benar-benar adikuasa di bidang kebudayaan," ujar Rudi.

Dalam upacara ini juga diserahkan beberapa penghargaan antara lain Juara Umum POPDA SMP Tingkat Provinsi Jateng, Juara Olimpiade Guru Nasional Tingkat Kota Surakarta serta Lomba Kelurahan Tingkat Kota Surakarta. Dalam kesempatan yang sama diberikan penetapan Juara Lomba Apresiasi Pendidik dan Tenaga Kependidkan Pendidikan Non Formal Berprestasi Tingkat Kota Surakarta Tahun 2018.


(Pemprov Jateng/CN41/SM Network)