• KANAL BERITA

Iran Apresiasi Kebijakan Perlindungan Perempuan dan Anak di Indonesia

Foto: Kemen PPPA
Foto: Kemen PPPA

JAKARTA, suaramerdeka.com - Pemerintah melalui Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) bertemu dengan Wakil Presiden Republik Islam Iran Bidang Wanita dan Urusan Keluarga, Y.M. Dr. Masoumeh Ebtekar. Pertemuan ini merupakan tindak lanjut dari kunjungan Menteri Yohana sebelumnya pada 27 April 2017 dalam bidang pembangunan pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak.

"Pertemuan kami ini merupakan kesempatan untuk berbagi pengalaman terbaik dalam hal perlindungan keluarga, perempuan dan anak, dimana Indonesia maupun Iran akan saling mempelajari kemajuan masing-masing untuk mencegah kekerasan terhadap perempuan dan anak," ujar Menteri Yohana.

Dalam pertemuan bilateral ini, Indonesia dan Iran sepakat bahwa ketahanan keluarga adalah kunci utama pencegahan masalah perempuan dan anak.

“Pemerintah Iran merasa keluarga merupakan pondasi terpenting bagi negara. Kami melakukan kajian dan juga intervensi langsung terhadap keluarga-keluarga hingga ke tingkat daerah serta menggandeng ulama untuk membantu pemerintah dalam mengedukasi dan meningkatkan ketahanan keluarga,” ujar Y.M. Dr. Masoumeh Ebtekar.

Iran mengapresiasi kemajuan Indonesia dalam perlindungan perempuan dan anak dari segi kebijakan dan payung hukum seperti keadilan restoratif bagi anak berhadapan dengan hukum (ABH) serta revisi Undang-undang perlindungan anak dalam peningkatan hukuman untuk pelaku kekerasan seksual terhadap anak.

Selain itu mereka juga ingin mempelajari tentang Kota Layak Anak (KLA) dan Perlindungan Anak Terpadu Berbasis Masyarakat (PATBM). Hal tersebut sejalan dengan program perlindungan perempuan dan keluarga yang pemerintah Iran lakukan, melalui sinergi dengan seluruh elemen masyarakat dan lembaga negara untuk bersama melindungi perempuan dan anak.

Menteri Yohana mengapresiasi dan menyambut baik pertemuan ini. Ke depan, akan ada pertemuan lanjutan untuk membahas kerjasama antar kedua negara.


(Kemen PPPA/CN41/SM Network)