• KANAL BERITA

Lampu Bangjo Purin Tak Berfungsi

Dua warga membantu menyeberangkan pengguna jalan di pertigaan komplek Purin, karena lampu bangjo tidak berfungsi. (suaramerdeka.com/ Rosyid Ridho)
Dua warga membantu menyeberangkan pengguna jalan di pertigaan komplek Purin, karena lampu bangjo tidak berfungsi. (suaramerdeka.com/ Rosyid Ridho)

KENDAL, suaramerdeka.com – Lampu pengatur lalu lintas atau bangjo di jalur pantura, tepatnya di pertigaan Komplek Purin, Desa Purwokerto, Kecamatan Patebon, sudah satu bulan terakhir tidak berfungsi. Lampu tersebut hanya menyala kuning berkedip-kedip.

Kondisi itu membahayakan pengguna jalan, khususnya mereka yang dari arah selatan menuju ke timur. Sebab, kawasan itu merupakan jalur cepat dan saban hari dilalui berbagai jenis kendaraan seperti motor, mobil, bus, dan truk.

Salah seorang pengguna jalan, Nur Cholid, mengatakan tidak berfungsinya lampu bangjo tersebut, sangat membahayakan. Pengguna jalan yang dari arah selatan hendak ke timur, harus eksta hati-hati.

Sebab, kawasan itu merupakan jalur cepat dan kendaraan dari arah timur melaju dengan kencang. Demikian pula pengendara dari arah barat yang hendak ke selatan menuju ke Komplek Purin, harus ekstra hati-hati. ‘’Untungnya ada warga yang dengan sukarela membantu mengatur arus lalu lintas dan menyeberangkan pengguna jalan,’’ katanya, Rabu (2/5).

Dikatakan, jika siang, banyak anak-anak pulang sekolah dan menyeberang di jalur pantura tersebut. Di sekitar lokasi terdapat beberapa sekolah SMP dan SMA/SMK. Kondisi itu tentu sangat membahayakan keselamatan mereka. ‘’Pemerintah perlu segera memperbaiki lampu tersebut. Jangan sampai terjadi korban jiwa,’’ harap dia.  

Hal senada disampaikan Sugeng pengguna jalan lainnya. Lalu lintas di kawasan tersebut sangat ramai dan rawan terjadi kecelakaan. Sering kali kendaraan yang datang dari arah timur melaju kencang dan membahayakan pengguna jalan. ‘’Saya berharap segera terdapat tindakan dari dinas terkait untuk memperbaiki lampu bangjo tersebut,’’ tuturnya.

Kabid Lalu Lintas Dinas Perhubungan Kendal, Mugiyono, lampu pengatur lalu lintas yang berada di pertigaan Purin, kewenangan ada di pusat, sehingga jika ada kerusakan, maka yang berwenang melakukan perbaikan dari pusat. ‘’Kami hanya menyampaikan supaya segera dilakukan perbaikan,’’ kata dia.


(Rosyid Ridho/CN33/SM Network)