• KANAL BERITA

Festival Kuliner Sleman Sajikan Jajanan Khas

Foto suaramerdeka.com/dok
Foto suaramerdeka.com/dok

SLEMAN, suaramerdeka.com - Berbagai macam jajanan disajikan dalam Festival Kuliner Sleman 2018, yang berlangsung di Taman Kuliner Condongcatur mulai Jumat (4/5) sampai Minggu (6/5).

Di event ini, pengunjung bisa menikmati aneka kuliner khas Sleman seperti enthok slenget Kang Tanir, jadah tempe Mbah Carik, dan jajanan tradisional Bu Bagyo. Tongseng kopyok Bu Bagyo yang digadang sebagai salah satu kuliner terpopuler versi Anugerah Pesona 2018 juga terdaftar menjadi peserta festival.

"Event ini memang relatif baru. Kami ingin mengenalkan kekayaan kuliner Sleman yang tidak kalah dibandingkan daerah lain di DIY. Semuanya merupakan hasil kreativitas masyarakat Sleman selama bertahun-tahun yang memanfaatkan potensi alam di sekelilingnya," tutur Kabid Pengembangan Destinasi Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Dinas Pariwisata (Dispar) Sleman Shavitri Nurmala Dewi, kemarin.

Festival yang mengusung tema Jajal Jajanan Sleman ini adalah upaya untuk lebih mengenalkan kuliner khas Sleman kepada khalayak luas. Disamping itu juga sebagai tindak lanjut penandatanganan MoU dengan Kementerian Pariwisata untuk menjadikan Kabupaten Sleman sebagai salah satu destinasi wisata kuliner di DIY.

Shavitri menambahkan, melalui pengembangan wisata kuliner ini diharapkan kesejahteraan masyarakat bisa turut meningkat. Data nasional menyebutkan, porsi pengeluaran wisatawan untuk kebutuhan kuliner mencapai 30-40 persen dari total pengeluaran saat berwisata.

"Peluang itu harus ditangkap. Pengenalan kuliner lewat festival semacam ini menjadi langkah awal promosi," imbuhnya.

Untuk menarik animo pengunjung, Festival Kuliner Sleman 2018 disemarakkan dengan kuliner artis, expo produk food and beverage, lomba gambar dan mewarnai anak, serta panggung hiburan. Pada Sabtu (5/5) akan diadakan kompetisi memasak bagi tim non profesional yang terdiri dari tiga orang. 

Jenis masakan yang harus disiapkan masing-masing tim adalah nasi goreng, dan masakan olahan berbahan ketela dan salak. Hadiah kompetisi memasak ini berupa trofi, dan uang senilai total Rp 17 juta.


(Amelia Hapsari/CN19/SM Network)