• KANAL BERITA

Mendikbud: Hardiknas Momentum Introspeksi 

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy (Foto Istimewa)
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy (Foto Istimewa)

JAKARTA, suaramerdeka.com - Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) sebagai momentum untuk melakukan muhasabah, introspeksi diri, berkenaan dengan upaya-upaya yang sudah dilakukan guna menguatkan pendidikan dan memajukan kebudayaan.

Demikian ajakan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy kepada seluruh pelaku pendidikan dan kebudayaan dalam peringatan Hardiknas 2018 di halaman kantor Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan di Jakarta, Rabu (2/5). 

"Pada momentum peringatan Hardiknas tahun ini mari kita eratkan hubungan antara pendidikan dan kebudayaan sebagaimana tercermin dalam ajaran, pemikiran, dan praktik pendidikan yang dilakukan oleh Ki Hadjar Dewantara," katanya.

"Saya mengajak seluruh pelaku pendidikan dan kebudayaan agar dapat meneladani Ki Hadjar Dewantara, dan menjadikan momentum peringatan Hardiknas ini untuk melakukan muhasabah, atau refleksi terhadap usaha-usaha yang telah kita perjuangkan di bidang pendidikan dan kebudayaan," dia menambahkan.

Lebih lanjut, Muhadjir menerangkan perihal tiga jalur pendidikan, yakni jalur pendidikan formal, nonformal, dan informal yang diposisikan setara dan saling melengkapi.

"Masyarakat diberikan kebebasan untuk memilih jalur pendidikan, dan pemerintah memberikan perhatian besar dalam meningkatkan ketiga jalur pendidikan tersebut," katanya.
 


(Ant/CN19/SM Network)