• KANAL BERITA

Siswa MTsN 1 Kebumen Juara Dua Young Scientist Competition

FOTO BERSAMA: Balindra Priya Adilaksita foto bersama dengan Pelaksana Tugas (Plt) Kepala MTs Negeri 1 Kebumen Salim Wazdy dan guru Bangun Sudibyo. (suaramerdeka.com / Supriyanto)
FOTO BERSAMA: Balindra Priya Adilaksita foto bersama dengan Pelaksana Tugas (Plt) Kepala MTs Negeri 1 Kebumen Salim Wazdy dan guru Bangun Sudibyo. (suaramerdeka.com / Supriyanto)

KEBUMEN, suaramerdeka.com - Prestasi bidang akademik cukup bergengsi diraih oleh siswa MTs Negeri 1 Kebumen. Siswa atas nama Balindra Priya Adilaksita kelas 7D berhasil menyabet juara dua dalam ajang Young Scientist Competition yang digelar oleh Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), baru-baru ini.

Dalam rangkaian Science Competition Fair VII tersebut, siswa asal Desa Karangsari, Kebumen itu berhak mendapatkan trofi Bupati Sleman, piagam penghargaan dan uang pembinaan. Adapun juara I dalam event tersebut diraih  siswa kelas 9  SMP Negeri 8 Yogyakarta dan juara III diraih siswa SMP 1 Temanggung.

Saat mengikuti lomba, alumnus SDIT Ibnu Abbas Kebumen bersama empat siswa lain didampingi oleh guru pendamping Tri Sartikoningsih. Mulai tahap penyisihan hingga final dilalui dengan  lancar. "Selain teori juga ada praktiknya," ujar Balindra Balindra Priya Adilaksita.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala MTs Negeri 1 Kebumen Salim Wazdy menjelaskan, dalam event tersebut pihaknya mengirimkan sebanyak lima orang peserta didik. Dari lima peserta didik, tiga siswa masuk 10 besar dan satu siswa yang masuk final dan meraih juara dua. "Prestasi yang diraih Balindra menambah deretan prestasi yang diraih oleh peserta didik MTs Negeri 1 Kebumen," ujar Salim Wazdy didampingi guru Bangun Sudibyo, Rabu (2/5).

Salim menambahkan,  sejak kelas 7 pihaknya secara serius melakukan pembinaan terhadap peserta didik dalam bidang sains melalui ekstrakurikuler. Pembinaan tersebut sebagai wadah untuk mengikuti Olimpiade Sains Nasional (OSN) maupun Kompetisi Sains Madrasah (KSM) yang diselenggarakan oleh Kementerian Agama.

"Kami juga akan menjadi tuan rumah pelaksanaan KSM tingkat Kebumen pada 12 Mei mendatang. Begitu juga KSM tingkat Jateng akan dilaksanakan 25 Juli 2018 yang akan berlangsung di Kebumen yakni di MTs Negeri 1 Kebumen," ujar Salim.

 


(Supriyanto/CN26/SM Network)