• KANAL BERITA

TNI-Polri Kerja Bakti Tambal Jalan Berlubang

TAMBAL JALAN: Puluhan anggota TNI-Polri membantu warga menambal jalan yang rusak di Desa Banyukembar Kecamatan Watumalang, Wonosobo. (suaramerdeka.com  / M Abdul Rohman)
TAMBAL JALAN: Puluhan anggota TNI-Polri membantu warga menambal jalan yang rusak di Desa Banyukembar Kecamatan Watumalang, Wonosobo. (suaramerdeka.com / M Abdul Rohman)

WONOSOBO, suaramerdeka.com - Koramil 02/Watumalang bersama Polsek dan masyarakat di Desa Banyukembar Kecamatan Watumalang, Wonosobo melakukan karya bhakti menambal jalan yang berlubang dengan cor, baru-baru ini. Kegiatan yang dipimpin langsung Komandan Koramil (Danramil) 02/Watumalang Kapten Infanteri Bintarto itu dilakukan sebagai bentuk kepedulian demi kenyamanan para pengguna jalan di jalan tersebut.

Menurut Kapten Bintaro, kegiatan tersebut sengaja dilakukan sebagai bentuk kepedulian TNI-Polri terhadap masyarakat setempat. Jalan-jalan berlubang memang cukup parah kondisinya, karena beban kendaraan yang berat seringkali melintasi jalur tersebut. "Kerusakan badan jalan juga dipengaruhi air hujan yang terus menerus mengikis jalan berlubang sehingga kondisi kerusakan jalan semakin parah," beber dia.

Dikatakan, banyaknya jalan yang berlubang sangat mengganggu aktivitas warga setempat. Dengan adanya laporan dari warga terhadap babinsa, maka pihaknya menindak lanjutinya dengan melaksanakan penambalan jalan yang berlubang. Hal ini agar warga nyaman dalam melaksanakan aktivitas harian. "Jangan sampai jalan berlubang dibiarkan dan rawan membahayakan bagi para penggunanya," terangnya.

Menurut penuturan warga yang setiap hari melintas, tidak sedikit kasus kecelakaan yang disebabkan jalanan berlubang di jalur tersebut. "Mungkin kalau orang hamil bisa keguguran atau bisa lahir dini kalau melalui jalur itu dengan kendaraan, karena bisa sebabkan kontraksi. Atas kondisi tersebut jajaran Koramil, Polsek bersama warga Banyukembar melakukan pengecoran jalan berlubang meski dengan bahan cor ala kadarnya," tutur dia.

Slamet (50) pengendara sepeda motor yang merupakan warga setempat menyebutkan, nyaris setiap hari terjadi kecelakaan tunggal karena banyaknya lubang jalan yang menganga cukup besar dan berada di beberapa titik yang berada di wilayah Kecamatan Watumalang. "Jalan ini sangat rawan kecelakaan, terutama pengendara roda dua sering terperosok dan terjatuh, bahkan menelan korban jiwa,” ungkap dia.

Dia sangat mengapresiasi atas kerjasama puluhan anggota TNI-Polri membantu warga melakukan gotong royong penambalan jalan berlubang. “Ini luar biasa, masyarakat di sini dengan sukarela mereka memberikan bantuan, ada yang bantu semen, pasir, batu cor, makanan dan lainnya. Mereka memiliki rasa kebersamaan dan keiklasan rasa ikut memiliki jalan di wilayahnya,” kata Kapolsek Watumalang, Iptu Purwanto.


(M Abdul Rohman/CN26/SM Network)