• KANAL BERITA

Pemkab Rembang Siapkan Rp 18 Miliar Pembetonan Jalur Tireman-Galonan

URUKAN BATU : Komisi C tengah melihat kondisi jalan lingkar Tireman - Galonan yang diurug dengan batu baru-baru ini. ( SM/Mulyanto Ari Wibowo  )
URUKAN BATU : Komisi C tengah melihat kondisi jalan lingkar Tireman - Galonan yang diurug dengan batu baru-baru ini. ( SM/Mulyanto Ari Wibowo )

REMBANG, suaramerdeka.com - Ruas jalan Tireman-Galonan Kecamatan Rembang Kota yang menjadi akses utama truk pabrik semen akhirnya akan dibangun tahun 2018 ini. Pemkab memastikan anggaran untuk pembetonan ruas jalan itu kurang lebih Rp 18 miliar.

''Anggarannya menggunakan APBD Kabupaten sebanyak Rp 2,8 miliar dan anggaran dari Bantuan Keuangan Provinsi Rp 15 miliar lebih. Kisarannya Rp 18 miliar,'' kata Wakil Ketua Komisi C, Puji Santosa.

Kepastian pembangunan jalan itu setelah Komisi C bertemu dengan Bupati Rembang Abdul Hafidz dan Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang, akhir pekan kemarin.

Puji mengatakan pihaknya sudah mendapatkan konfirmasi ruas jalan Tireman - Galonan yang rusak itu akan segera diperbaiki seluruhnya. Dia mengatakan Komisi C menghargai komitmen Pemkab Rembang untuk memperbaiki ruas jalan lingkar di Kecamatan Rembang Kota itu.

''Pemkab Rembang telah memperjuangkan untuk mendapatkan bantuan keuangan dari Pemerintah Provinsi sebesar Rp 15 miliar sangat kami hargai. Karena notabene ruas jalan itu sangat butuh penguatan untuk dilewati truk-truk besar,'' kata dia.

Puji menjelaskan anggaran kurang lebih Rp 18 miliar itu cukup untuk menjadikan jalan lingkar Tireman - Galonan lebih kuat. ''Jalan lingkar itu memang sudah selayaknya dibeton. Kalau hanya diaspal saja, tentu tidak kuat menampung intensitas kendaraan berat yang sangat padat,'' jelas dia.

Komisi C berharap pembangunan jalan lingkar itu bisa dilaksanakan secepatnya di tahun 2018 ini. ''Saat pengawasan di lapangan, masyarakat sangat menantikan perbaikan jalan itu. Kami berharap dalam waktu dekat ini sudah bisa dilelangkan di lelang pengadaan secara elektronik,'' kata anggota Fraksi Partai Gerindra ini.

Suparno, salah satu warga penguna jalan mengatakan juga sangat berharap jalan lingkar Tireman - Galonan bisa segera diperbaiki. Dia mengatakan saat pagi dan siang hari, jalan itu banyak digunakan oleh anak sekolah.


(Mulyanto Ari Wibowo/CN34/SM Network)