• KANAL BERITA

Usai Dinormalisasi, Warga Manfaatkan Sungai Laban

Anak-anak dan Satgas TMMD memanfaatkan sungai Laban untuk mandi. (suaramerdeka.com/Arief Noegroho)
Anak-anak dan Satgas TMMD memanfaatkan sungai Laban untuk mandi. (suaramerdeka.com/Arief Noegroho)

PURBALINGGA, suaramerdeka.com - Warga di Desa Karangjambu, Kecamatan Karangjambu, menggunakan sungai sebagai pendukung perekonomian warga. Peranan Sungai Laban dan anak sungainya, sungai Tembelang, sangat vital dalam menyediakan air pertanian warga dan menambah gizi keluarga dengan habitat ikan di dalamnya. 

Kini setelah kedua sungai tersebut dinormalisasi dalam kegiatan tambahan TMMD Reguler ke-101 Kodim 0702 Purbalingga, peranan sungai itu semakin vital bagi mereka. Terutama dalam hal penambahan gizi keluarga dengan memancing atau menjala. Karena dengan sungai yang dalam, ikan mulai bersarang dan berkembang biak di sana.

Jadi kehadiran TMMD Reguler sangat dirasakan manfaatnya bagi warga. Termasuk adanya jalan tambahan di Bantaran Sungai Laban selebar 3-4 meter dan panjang 300 meter, akses baru menuju persawahan warga Desa Karangjambu, terutama warga Dukuh Karanglo.  

Terlepas dari manfaat normalisasi sungai. Ada yang menarik dalam kehidupan sehari-hari para anggota Satgas TMMD Reguler ke-101 Kodim Purbalingga di sana. Yaitu karena kondisi alam Desa Karangjambu yang masih benar-benar “perawan”. Seolah-olah para anggota Satgas merasa kembali ke alam “back to the nature”.

Air Sungai yang begitu bening, bersih dan dalam, bisa digunakan para anggota Satgas untuk pembersihan badan dan pembersihan pakaian. Acara mandi pagi mau pun sore hari terbukti ampuh menghilangkan capek jika dilakukan di sana. Apalagi ditambah mulai banyaknya Anak-anak warga yang mengikuti mereka mandi di Sungai Laban tersebut.

‘’Sungai di sini airnya bening dan bersih, sehinnga  kami nyaman untuk mandi bersama anggota Satgas dan warga lainnya, capek jadi hilang dengan berenang bersama anak-anak desa. Benar-benar segar air di sungai ini, back to the nature,’’ ungkap Serda Maryoto, anggota Unit Intel Kodim 0702 Purbalingga wilayah Kecamatan Karangjambu.


(Arief Noegroho/CN40/SM Network)