• KANAL BERITA

Jalan Makadam Mulai Dinikmati Warga

JALAN BARU: Jalan beton baru yang dibangun dalam rangka TMMD Sengkuyung I di Desa Lodan Wetan Kecamatan Sarang. (suaramerdeka.com/Ilyas al-Musthofa)
JALAN BARU: Jalan beton baru yang dibangun dalam rangka TMMD Sengkuyung I di Desa Lodan Wetan Kecamatan Sarang. (suaramerdeka.com/Ilyas al-Musthofa)

REMBANG, suaramerdeka.com – Keberadaan jalan makadam yang dibangun dalam rangka TMMD Sengkuyung I di Lodan Wetan Sarang, mulai dinikmati warga. Jalan sepanjang sekitar 1,375 meter yang sebagian berupa beton itu sudah digunakan untuk berbagai keperluan.

Warga dari berbagai lapisan sudah menggunakan jalan itu sejak permukaannya kering, Selasa (30/4) lalu. Jalan itu sekarang digunakan untuk berbagai akses, mulai pertanian, perekonomian dan juga pendidikan.

Sebelum dibangun prajurit TNI, jalan menuju dukuh terpencing Bong Londo itu hanya berupa setapak. Saat hujan mengguyur, sudah bisa dipastikan kondisi permukaan jalan berlumpur dan sulit dilalui.

Seorang warga setempat, Eko Sucipto (29) mengatakan, kondisi jalan menuju Bong Londo berbeda jauh dengan sebelumnya. Sekarang, warga sudah bisa melintasi jalan itu menggunakan berbagai kendaraan, termasuk roda empat.

“Dulu sebelum dibangun TNI, jalan tidak rata banyak lubang, belum lagi kalau turun hujan pasti banyak air menggenang sehingga berlumpur. Tetapi sekarang sudah beda, jalan sudah halus. Kami berterima kasih kepada TNI,” terang Eko.

Kepala Desa Lodan Wetan, M Jito mengungkapkan, selain jalan makadam hasil pengerjaan TMMD yang juga sudah bisa dimanfaatkan adalah Pos Kamling. Sementara itu, pos untuk keamanan itu digunakan sebagai tempat berkumpul warga saat malam hari.

“Meski pun TMMD belum ditutup, tetapi berbagai program sudah mulai bisa dirasakan masyarakat. Ada jalan makadam dan Pos Kamling yang sudah mulai dimanfaatkan oleh masyarakat,” papar Jito.


(Ilyas al-Musthofa/CN40/SM Network)