• KANAL BERITA

Wali Kota Semarang Ajak Siswa Jauhi Penyalahgunaan Obat-obatan

Foto: suaramerdeka.com/dok
Foto: suaramerdeka.com/dok

SEMARANG, suaramerdeka.com - Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi memberikan edukasi di hadapan siswa-siswi SMA Negeri 3 Semarang. Hal tersebut dilakukan dalam rangka pemecahan rekor MURI oleh Pengurus Daerah (PD) Ikatan Apoteker Indonesia (IAI) Jawa Tengah yang secara serentak dilaksanakan di 35 kabupaten kota se-Jawa Tengah dengan melibatkan 3.118 apoteker.

Dalam arahannya tersebut, Hendi mengingatkan kepada para pelajar tentang dampak penyalahgunaan obat-obatan. Salah satunya rusaknya jaringan saraf hingga melupakan tugas utama siswa yakni belajar.

“Sebagai generasi bangsa, usia pelajar memang memerlukan banyak arahan dana bimbingan agar tidak terjerumus pada hal-hal negatif seperti penyalahgunaan obat. Memang tidak dapat dipungkiri jika ada beberapa oknum remaja yang menggunakan obat tidak semestinya sehingga merusak tubuh penggunanya,” keluh Walikota.

Ia pun mengapresiasi inovasi yang dilakukan IAI Jawa Tengah dalam mengedukasi penggunaan dan penyalahgunaan obat.

Sementara itu Sekretaris IAI Jawa Tengah, Rosyid Sujono mengatakan Edukasi ini juga sekaligus bentuk pengabdian terhadap masyarakat tentang persoalan sosial. Yakni banyaknya remaja yang melakukan tindakan penyalahgunaan obat untuk tujuan tertentu.

Adapun peserta yang ikut dalam edukasi ini adalah siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) sederajat se-Jawa Tengah berjumlah 73 ribu. Kegiatan ini juga tercatat dalam Museum Rekor Indonesia (MURI) sebagai apoteker mengajar dengan pelajar terbanyak dalam waktu serentak dengan obyek “Edukasi Penggunaan Obat Secara Serentak Kepada Pelajar”.


(Fadhil Nugroho Adi/CN41/SM Network)