• KANAL BERITA

Panglima TNI: Besarnya Jumlah Penduduk Harus Jadi Berkah

Foto: suaramerdeka.com/dok
Foto: suaramerdeka.com/dok

JAKARTA, suaramerdeka.com - Jumlah penduduk Indonesia pada tahun 2035, diperkirakan mencapai 305,6 juta jiwa. Masa 17 tahun dari 2018 menuju 2035, juga bukan waktu yang lama bagi perkembangan sebuah bangsa.

"Sehingga tidak boleh lengah dalam mengantisipasi dan menyiapkan daya dukung. Hal tersebut agar bonus demografi yang terjadi saat itu, akan menjadi berkah bagi bangsa Indonesia," kata Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto di Lapangan Jarias, Kabupaten Hulu Sungai Utara, Kalimantan Selatan, Selasa (1/5).

Hal tersebut disampaikannya pada Pencanangan Bakti Sosial TNI KB Kesehatan Tingkat Nasional. Acara tersebut merupakan kerja sama antara TNI dengan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN).

"Jangan sampai besarnya jumlah penduduk malah menjadi masalah bagi bangsa dan negara. Mulai saat ini, kita harus menjadikan penduduk sebagai obyek dan subyek pembangunan nasional," ujarnya.

Karenanya, kata dia, pembangunan yang dilaksanakan harus berwawasan kependudukan. Selain itu, lanjutnya, investasi negara harus diarahkan pada bidang-bidang kesehatan, pendidikan, penyediaan lapangan kerja serta keluarga berencana.

 "Program Keluarga Berencana (KB) harus menjadi gerakan yang diterima oleh seluruh kalangan masyarakat Indonesia. Untuk itu, Program KB harus dilakukan secara sinergis dengan kementerian, lembaga pemerintah non kementerian, swasta dan tokoh-tokoh masyarakat yang ada di seluruh Indonesia," tandasnya.


(Saktia Andri Susilo/CN41/SM Network)